Berdayakan UMKM, Kodamar Food Court-2 Dibuka

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan salah satu komitmen Pemerintah. Sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19, UMKM memegang peranan penting terhadap Produk Domestik Bruto dan mampu menyerap banyak tenaga kerja. Mensikapi kondisi hal itu, Pemimpin TNI AL mendukung kebijakan Pemerintah tersebut melalui peran aktif dalam memberdayakan UMKM dengan menyediakan fasilitas berupa food court di Kompleks Perumahan TNI AL maupun di lingkungan Kesatrian Kotama TNI AL.

Sebagai langkah nyata, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan fasilitas Kodamar Food Court-2 yang berlokasi di Komplek TNI AL Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Cendikia Food Court yang berada di Komplek Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan. Kegiatan peresmian keduanya terangkai dalam kegiatan peresmian Sagoro Jogging Track dan Food Court di Waduk Sunter Timur I Kelapa Gading serta peresmian Mako Satuan Lintas Laut Militer 3 di Makassar yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kasal secara terpusat di Waduk Sunter Kodamar, Kelapa Gading, Jakarta.

Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa meskipun TNI AL memiliki tugas utama dalam bidang pertahanan, tetapi sebagai tentara rakyat juga wajib peduli lingkungan dan berperan aktif dalam pembangunan serta mengatasi kesulitan rakyat sekeliling. “Karena medan tugasnya di perairan, maka TNI AL sangat peduli dengan semua perairan termasuk danau atau waduk ini. Danau ini bisa menjadi tempat yang lebih bermanfaat untuk masyarakat sekitar, tapi salah satu hal yang paling penting kita bisa menyediakan tempat usaha bagi UMKM sekaligus mendukung program pemulihan ekonomi nasional Pemerintah.” ujar Kasal.

Sementara itu, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi melalui Komandan Detasemen Markas Kolinlamil Kolonel Laut (P) Alhenadi memberikan arahannya untuk mengoptimalkan penyediaan fasilitas yang ada di Food Court-2 sehingga tetap tercipta lingkungan yang bersih, indah dan rapi serta mampu meningkatkan perekonomian penggiat usaha UMKM yang ada. “Kita juga turut senang bila Food Court-2 ramai oleh pembeli dan menjadi salah satu tujuan kuliner bagi warga Komplek TNI AL Kelapa Gading dan sekitarnya. Untuk itu saya menghimbau kepada penjual maupun pembeli untuk sama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi.” pungkas Dandenma Kolinlamil.penkolinlamil/linda.

Leave a Reply