Batan Sosialisasi Limbah radioaktif

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Selama ini masyarakat belum menyadari bahaya limbah radioaktif padahal di udara bebas pun radioaktif itu ada, apalagi indutri yang memanfaatkan bahan yang mengandung radioaktif seperti rumahsakit. Untuk itu BATAN bekerjasama dengan Universitas Indonesia mensosialisasi soal limbah radioaktif dan cara pengelolaan limbah tersebut.

Sosialisasi tersebut melalui dialog antara institusi yang berwenang dalam hal limbah radioaktif, Kepala Batan hadir sebagai pembicara selaku lembaga non pemerintah yang bertanggungjawab mengenai nuklir.

Dalog itu menijelaskan,  selama ini produsen dan pengelola saling mempermasalahkan produksi siapa dan mengolah siapa, dan teknologi pengelolahannya juga dipertanyakan. jangan di Indonesia, di negara yang punya teknolgi nuklir pun masih menyimpan masalah.

di Indonesia, jangan masalah limbah radioaktif limbah rumahtangga saja jadi masalah. kita sendiri baru sebatas menyimpan sampah saja sudah menjadi persoalan. Sementara negara maju bukan lagi mempermasalahkan sampah, tapi limbah radioaktif meski mereka sudah bisa mengolah da nada tempat penyimpanannya tapi masih dipermasalahkan soal dampak bagi lingkungan.

menurut wakil dari perguruan tinggi, persoalan limbah mereka kembalikan pada konsep tri darma perguruan tinggi yaitu, menghadirkan keahlian soal limbah, kedua melakukan penenlitian yang sifatnya untuk pendidikan, dan ketiga bagaimana mengolah radioaktif, dan bagaimana dampak dengan masyarakat.

Dari pembicaraan itu, ada satu hal yang mereka sepakati yaitu, bagaimana memberi pemahaman para stakeholder apa dan bagaimana nuklir itu. Serta yang terpenting lagi sebaiknya tak hanya satu lembaga yang mengurusi soal limbah radioaktif tapi lebih dari satu.linda.

Leave a Reply