Bangun Semangat Gotong Royong, TMMD Ditingkat Setahun 3 Kali

Home, Megapolitan

Jakarta, inspiras1nusantara, TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) membawa dampak postif terkait pembangunan nasional. Panglima TNI mengatakan, TMMD yang selama ini dua kali dalam setahun ditingkat menjadi setahun tiga kali.

Hal itu diungkap Jendral TNI Gatot Nurmantyo saat membuka Rapat Paripurna TMMD tahun anggaran 2016, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta. Menurutnya, program ini bukan sekedar menghadirkan bangunan fisik, tapi membangun semangat gotong royong, meningkatkan kepedulian sosial. Dan semangat kebersamaan membangun desa sebagai basis ketahanan wilayah menuju ketahanan nasional.

Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo menerima buku TMMD dari Kasad Jendral TNI Mulyono (foto: linda herawati)

“Perlu terus membangun komunikasi sosial dengan masyarakat desa pembangunan desa dapat terlaksana dengan cepat sesuai harapan rakyat. Selama TMMD para prajurit saya perintahkan tidur di rumah penduduk, lalu uang lauk pauk dimasak dan dimakan bersama penduduk dimana prajurit tinggal”, tandasnya.

Menurutya, dari situlah diharapkan terjalin kebersamaan dan persaudaraan dengan masyarakat. Semangat kejiwaan TMMD adalah semangat gotong royong sebagai ciri dan budaya bangsa yang tidak dimiliki bangsa lain.

Ditambahkan, kegiatan TMMD harus dapat memberi nilai tambah prestasi kerja dan terbangunnya kondisi sosial wawasan kebangsaan, kesejahteraan masyarakat, sejalan dengan keinginan pemda di Provinsi, Kabupaten/kota untuk dilaksanakan TMMD di wilayahnya.

“Maka TMMD yang selama ini dilaksanakan dua kali setahun ditingkatkan menjadi tiga kali dalam setahun”, pungkasnya menutup amanatnya di Rapat Paripurna tersebut.linda.

Leave a Reply