Aircraft Tour Indodefence, Kasau: Industri Pertahanan Indonesia Punya Peran Strategis di Kawasan

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA menyatakan bahwa industri pertahanan Indonesia punya peran penting dan strategis di kawasan, khususnya di Asia Tenggara.

     Pernyataan tersebut disampaikan Kasau saat memberikan sambutan pada forum Display Aircraft Indo Defence 2022 yang dihadiri Menhan RI Prabowo Subianto, sejumlah delegasi negara sahabat, industri pertahanan dalam dan luar negeri, di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

     Kasau menambahkan, saat ini TNI AU terus bergerak maju, memodernisasi dan menggunakan paradigma AU generasi mendatang.  TNI AU, terus berusaha menjadi AU yang disegani di kawasan. 

     “TNI AU akan berusaha sebaik mungkin untuk mencapai perdamaian dan stabilitas, memperkuat kerjasama dengan bangsa-bangsa di dunia, untuk masa depan bersama yang lebih baik,” ujar Kasau.

     Secara khusus Kasau menyampaikan apresiasinya kepada Menteri Pertahanan RI atas penyelengaraan Indo Defence 2022 yang memperlihatkan pengembangan dan kemampuan industri pertahanan Indonesia pada domain kedirgantaraan.

     Menurut Kasau, peluang tersebut, akan memberikan wawasan kepada semua pemangku kepentingan untuk memperluas, meningkatkan bisnis kedirgantaraan, yang sesuai dengan Asia Tenggara dan sekitarnya.

     “Sebagai Kepala Staf Angkatan Udara, saya ingin menyampaikan apresiasi kepada Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Bapak Prabowo Subianto, yang telah mengadakan pameran akbar Indo Defence 2022 kali ini,” ujar Kasau.

      Kasau juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh negara sahabat dari  berbagai industri pertahanan atas partisipasinya dalam agenda _aircraft tour_ Indo-Defence 2022 di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

      Sementara Menhan RI menyampaikan, Indo Defence 2022 berupaya menghadirkan komunikasi yang baik antar negara, terutama melalui para pemimpinnya.

       Menurut Menhan, komunikasi dan interaksi yang baik antara setiap negara merupakan satu-satunya jalan keluar untuk menghentikan terjadinya kesalahpahaman dan persaingan antar negara yang mengakibatkan situasi dunia bergejolak.

    Menhan mencontohkan, salah satu upaya untuk menghadirkan komunikasi dan interaksi yang baik antar negara dapat dilakukan melalui penyelenggaraan pertemuan ataupun forum internasional, seperti Indo Defence 2022 Expo and Forum.

      Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan sejumlah perjanjian kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan sejumlah  industri pertahanan, baik dalam maupun luar negeri.

         Agenda aircraft tour di Lanud Halim Perdanakusuma menampilkan Dynamic Show tim aerobatik TNI AU, Jupiter Aerobatc Team (JAT) yang menampilkan 13 manuver udara selama 15 menit.

      Selain itu juga tampil manuver terbang pesawat tempur Angkatan Udara Perancis (Armee De L’Air) Dassault Rafale yang mempertontonkan kecanggihan manuver udara 
selama 10 menit. Dynamic Show ditutup dengan penampilan helikopter serbu S-70i Blackhawk dari Tentara Udara Diraja Brunei Darussalam.

       Setelah menyaksikan dynamic show, Menhan RI didampingi Kasau, Wakasad, Wakasal, Sekjen Kemhan dan sejumlah tamu undangan  menyaksikan static show sejumlah  alutsista pesawat diantaranya, CN-295, CN-235, Cassa 212i, Rafale, JAT, Helikopter EC-725 Caracal, dan S-70i Blackhawk.dispenau/linda.

Leave a Reply