Ada Apa Komandan KRI Diponegoro Bertemu Dengan Comannder Offshore Combat Force Philipine Navy

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, KRI Diponegoro 365 sebuah kapal jenis Korvet milik Indonesia yang saat ini sedang dalam perjalanan sebagai unsur TNI Angkatan Laut (TNI AL) untuk mewakili Indonesia dalam kegiatan International Fleet Review (IFR) 2022 yang akan dilaksanakan di Jepang, harus merapat di Dermaga Manila, Filipina.

Hal ini dilakukan dalam rangka melaksanakan bekal ulang untuk melanjutkan perjalanannya menghadiri undangan Angkatan Laut Jepang dan juga melakukan kunjungan kehormatan. Setibanya di dermaga Manila tersebut KRI Diponegoro-365 disambut hangat oleh Philipine Navy beserta perwakilan Indonesia yang berada di Manila.

Sambutan hangat tersebut dibalas Komandan KRI (Dan KRI) Diponegoro-365 Letkol Laut (P) Kurniawan Koes Atmadja, dengan melakukukan Kunjungan Kehormatan kepada Commander Offshore Combat Force, Philipine Navy Commo Joe Anthony C Orbe yang didampingi sejumlah staf guna menjalin persahabatan yang erat diantara Angkatan Laut kedua negara.

Kunjungan kehormatan tersebut berlangsung dengan penuh keakraban dan diakhir pertemuan Dan KRI Diponegoro-365 memberikan cinderamata berupa Keris Khas Diponegoro, pahlawan nasional Indonesia dari tanah Jawa sekaligus untuk mengenalkan budaya nusantara kepada Philipine Navy.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa kegiatan IFR 2022 akan digelar di Yokosuka dan Teluk Sagami Jepang, pada tanggal 1 hingga 8 November 2022 dengan melibatkan 40 kapal perang yang terdiri dari 19 kapal Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF) dan 21 kapal negara peserta. Selain kegiatan IFR, juga akan dilaksanakan kegiatan Multilateral Exercise dengan melaksanakan beberapa serial latihan manuver.

KRI Diponegoro-365 yang dilepas pada Jum’at (14/10) di Dermaga Madura Koarmada II Surabaya akan singgah di beberapa negara untuk melaksanakan port visit di negara-negara sahabat dalam membawa misi peran diplomasi TNI AL pada dunia sekaligus dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit Jalasena sebagaimana yang telah diinstruksikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Kegiatan ini juga sejalan dengan instruksi Presiden RI Ir. Joko Widodo saat memberikan amanat dalam peringatan HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka beberapa waktu lalu yaitu meminta agar prajurit TNI meningkatkan profesionalitas untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

Kegiatan Port visit di negara-negara sahabat akan memberikan pengalaman kepada prajurit Jalasena terutama bagi prajurit KRI Diponegoro-365 untuk bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal dan personel Angkatan Laut negara sahabat secara profesional dalam suasana seaman brotherhood yaitu rasa persaudaraan yang dirasakan diantara sesama pelaut di muka bumi ini.dispenal/linda.

Leave a Reply