Waktu Istirahat Minum Kopi, Taruna AAL Nikmatinya Sambil Berjemur Matahari

Matra

Surabaya, inspiras1nusantara, Berbagai cara dan upaya dilakukan warga dunia untuk memerangi penyebaran corona virus desease (Covid-19), seperti yang dilakukan Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan memanfaatkan waktu istirahat kelasnya, untuk minum kopi atau teh dan makanan ringan sambil berjemur sinar matahari.

“Berjemur sinar matahari ini, selain dilakukan Taruna dan Taruni, juga dilakukan oleh anggota organik AAL pada kisaran pukul 9.30 -10.00 wib, selama 10-15 menit,” terang Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M, saat meninjau pelaksanaan istirahat minum kopi Taruna di halaman Gedung Mandalika, Bumimoro, Surabaya.

Guna menjaga tetap sehatnya para Taruna dan Taruni dalam menjalankan pendidikan di AAL lanjutnya, selain penerapan sosial distancing dan pola hidup sehat dengan cukup makan minum, cukup istirahat dan cukup berolahraga, Taruna dan personel AAL juga dianjurkan untuk berjemur sinar matahari pagi untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.

Menurut penelitian beberapa ahli, paparan sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami. Vitamin D diketahui sangat penting untuk kesehatan. Namun, tak banyak orang mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

Sinar matahari memang tidak bisa langsung mematikan virus, bakteri, atau jamur, namun sinar matahari terbukti baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga mampu menangkal serangan kuman, bakteri dan virus.

“Meski begitu, kita tetap tidak boleh melupakan pencegahan dasar dengan mencuci tangan dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) serta melakukan social distancing. Yang tak kalah penting adalah selalu berfikiran positif dan meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT,” pungkasnya.penkostrad/linda.

Leave a Reply