Wakil Indonesia Raih Penghargaan Tertinggi “Ocean Heroes 2018”

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Laut memiliki manfaat yang sangat besar untuk kehidupan manusia baik secara ekonomis, ekologis maupun estetis. Namun lautan saat ini mendapat tantangan besar berupa sampah plastik yang merusak lingkungan laut beserta biota di dalamnya.

Sampah plastik saat ini menjadi isu global dan jika kita tidak mengubah kebiasaan, maka diprediksi di lautan akan ada 1 ton plastik untuk setiap 3 ton ikan pada 2025, dan pada 2050 akan lebih banyak plastik dibanding ikan.

Aksi anak muda Indonesia dalam memerangi sampah plastik telah bermunculan, dan hal ini tidak luput dari pantauan United Nation (UN) Environment yang telah memilih Tiza Mafira yang telah malang melintang melakukan kampanye anti plastik menjadi salah satu Ocean Heroes 2018. Untuk itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan apresiasi dan menyampaikan selamat kepada Tiza Mafira yang telah turut serta mengkampanyekan untuk memerangi sampah plastik sehingga mendapatkan penghargaan tertinggi dari UN Environment.

“Kami bangga anak muda Indonesia seperti Tiza mendapat penghargaan dari UN Environment sebagai salah satu Ocean Heroes 2018. Pencemaran di laut dan samudera Indonesia yang sangat luas membutuhkan champions dan leaders, terutama dari kelompok generasi muda seperti Tiza dan kawan-kawan,” kata Brahmantya S. Poerwadi, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jakarta.

“Upaya pengendalian dan pengurangan pencemaran plastik mulai dari kantong kresek dan sampah plastik lain di daratan, terutama di kota-kota/kabupaten-kabupaten pesisir dan sungai, berperan penting untuk mengurangi pencemaran plastik di laut dan samudera kita. Kami harap penghargaan bergengsi ini kepada Tiza dapat menginspirasi lebih banyak pihak dan mendukung pencapaian target Indonesia membebaskan laut kita dari pencemaran plastik pada 2025,” jelas Brahmantya.

Diharapkan aksi dari Tiza dapat menginspirasi anak muda dan stakeholder terkait lainnya untuk bersama-sama memerangi polusi di laut dan menjaga lingkungan laut demi masa depan yang lebih baik.humas/linda.

Leave a Reply