TNI AU Akan Bangun Koopsau Ke-Tiga, di Wilayah Timur Indonesia

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, TNI Angkatan Udara bakal membentuk Koopsau Ke-tiga, yang rencananya akan dibangun di wilayah timur Indonesia. Kasau mengatakan, rencananya Markas Komando berada di Biak, Papua, karena fasilitas dan infrastruktur sudah cukup memadai sehingga kita tidak perlu mengeluarkan anggarn terlalu banyak.

Hal itu dikatakan, Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E. M.M, usai upacara peringatan HUT Ke-72 TNI AU, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Menurutnya, membangun postur TNI AU yang mampu mengemban tugas sebagai penegak kedaulatan negara di udara, serta menangkal setiap ancaman juga memerlukan pengembangan organisasi yang sesuai dengan tuntutan tugas.

“Dekat dengan rakyat”, tema peringatan HUT Ke-72 TNI AU, rombongan kendaraan milik AU membawa masyarakat ikut defile. (foto: linda herawati)

karena itu, pembentukan Komando Operasi TNI AU III (Koopsau III) dan validasi organisasi, merupakan langkah untuk memperjelas rantai komando dan tanggung jawab satuan, sehingga terwujud satu kesatuan komando (unity of command) dan interoperability yang lebih baik dengan Angkatan Darat dan Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas operasi gabungan.

“Kita sudah laporkan ke Panglima TNI, kita tinggal menunggu apa keputusannya nanti. Dan tidak memindah alutsista, kita rencanakan punya yang baru, Jadi nanti di wilayah timur, akan kita bentuk satu skwadron tempur dan skawdron pelengkap sesuai renstra sebelum ini”, paparnya.

Sementara mengenai kedatangan pesawat pengganti F-5, menurutnya, pihaknya mengharapkan tahun depan pesawat tersebut hadir di Indonesia, sementara proses kedatangannya sudah ada di Kemenhan.

Saat dilontarkan pertanyaan mengenai Lanud di Batam, dengan tegas Kasau mengatakan, saat ini pihaknya tengah membentuk rencana, sementara Peraturan Panglima sudah ada. “Kita sudah menyiapkan infrastrukturnya, yang jelas kita akan bentuk Lanud disana”, ucapnya.

Kasau tegas menolak pernyataan yang mengatakan TNI AU ditolak di Batam, menurutnya, bukan ditolak tapi masih koordinasi. Dan sebelumnya memang TNI AU yang menggunakan Lanud itu, namun kini digunakan pihak lain. Ia menegaskan, Mako-nya sendiri sudah ada di kota Batam.linda.

One thought on “TNI AU Akan Bangun Koopsau Ke-Tiga, di Wilayah Timur Indonesia

  • I just want to say I am just beginner to blogging and seriously loved your web page. Most likely I’m likely to bookmark your site . You certainly come with amazing articles and reviews. Appreciate it for sharing with us your blog site.

Leave a Reply