Taruna AAL Tingkat IV Ujian Lattek Magang di KRI

Matra

Surabaya, inspiras1nusantara, Lattek magang di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) oleh 94 Taruna AAL tingkat IV angkatan ke-64 dari Korps Pelaut, Korps Teknik, Korps Elektronika dan Korps Suplai, telah memasuki tahap akhir berupa pelaksanaan ujian tulis dan ujian lisan di Puslat Kaprang Kolatarmada II, Ujung, Surabaya, (23/5).

Ujian ini dilaksanakan oleh para Taruna, setelah mengikuti latihan praktek magang di beberapa unsur jajaran Koarmada II, selama 23 hari sejak tanggal 2 Mei 2019.

Sebelum pelaksanaan ujian, Wadan Kolatarmada II Kolonel Laut (P) Arif Badrudin menekankan, kepada para Taruna agar menjawab semua materi ujian, dengan yakin pada kemampuan sendiri dan mengedepankan semboyan Hree Dharma Shanty atau malu berbuat cela.

Sementara itu, Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Isswarto, yang juga turut meninjau langsung pelaksanaan ujian tersebut, menguji kemampuan anak asuhnya dengan memberikan beberapa pertanyaan diantaranya, “bagaimana menjadi seorang perwira navigasi KRI untuk melaksanakan proses lego jangkar?” Dengan sigap Taruna tersebut memberikan jawaban, yakni merencanakan area lego diatas peta, menentukan referensi yang akan digunakan (head mark, beam mark), mengetahui kedalaman laut diarea lego jangkar dan memberikan saran kepada Komandan tentang panjang rantai yang akan digunakan serta membuat jaring laba-laba diatas peta. Mendengar jawaban tersebut, Komandan Resimen AAL merasa cukup puas dan menyimpulkan bahwa para Taruna dapat menyerap ilmu yang diberikan instruktur.

Dalam ujian ini, dibagi dalam lima kelas, tiap kelas dipimpin seorang Kepala Tim Ujian (Katim Uji) yang beranggotakan 4 hingga 5 orang perwira. Lima kelas tersebut, yaitu Kelas Pelaut 1 dengan Katim Uji Dankolat Koarmada II, Kelas Pelaut 2 dengan Katim Uji Letkol Laut (P) Hendro Sugiharto, Kelas Teknik dengan Katim Uji Kolonel Laut (T) Siswanto, Kelas Elektronika dengan Katim Uji Kolonel Laut (E) Adi Sucipto, Kelas Suplai dengan Katim Uji Kolonel Laut (S) Nanang Permadi.penaal/linda.

Leave a Reply