Tabur Bunga di Dermaga, Sederhana Peringatan Hari Dharma Samudera TNI AL

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melakukan tabur bunga peringatan Hari Dharma Samudera 15 Januari, ada yang berbeda perayaan kali ini, Angkatan Laut merayakannya secara sederhana, bahkan pelarungan bunga dilakukan di dermaga tak lagi berlayar ke tengah laut.

Hal itu memang diminta Kasal Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M yang merayakan Hari Dharma Samudera di dermaga Kolinlamil. Menurutnya, merayakan Hari Dharma Samudera secara sederhana namun tak mengurangi esensi mengenang para pendahulu kita yang gugur dalam perjuangan, dimana puncaknya saat perang di laut Arafuru.

“Mengingat kita sedang prihatin dengan peristiwa Sriwijaya Air dimana prajurit TNI AL masih berjuang menemukan korban, alat perekam pesawat dan serpihan pesawat. Dan juga adanya gempa yang melanda Mamuju, Sulawesi Barat. Karena itu, kami merayakan Hari Dharma Samudera secara sederhana, apalagi kita masih berjuang melawan pandemi Covid-19”, ungkapnya.

Tabur bunga peringatan Hari Dharma Samudera di KRI Dewa Ruci kapal kebanggaan TNI AL, di dermaga Kolinlamil.foto:linda herawati.

Dikatakan, perayaan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, hanya mengenang pertempuran laut di Arafuru. Tapi mulai tahun ini TNI AL memperingati perjuangan para prajurit laut sejak sebelum kemerdekaan.

Perjuangan seperti Laksamana Malahayati melawan Portugis, Kesultanan Gowa menghadapi armada Belanda, perjuangan Dwikora Trikora, dan puncaknya 59 tahun yang lalu dimana 3 kapal milik TNI AL berhadapan dengan kapal-kapal Belanda. Perjuangan itulah yang mulai tahun ini dan seterusnya dikenang dan diperingati sebagai Hari Dharma Samudera.linda.

Leave a Reply