SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo Kunjungi Museum “Loka Jala Crana” dan Koarmada II Surabaya

Gaya Hidup

Surabaya, inspiras1nusantara, siswa-siswi SMP HANG TUAH 5 Sidoarjo memadati ruang Planetarium Museum “ Loka Jala Crana” Akademi TNI Angkatan Laut Bumimoro Krembangan Surabaya, di tempat ini seluruh siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan / teori yang didapat di bangku sekolah dengan peralatan planetarium yang ada di Museum milik TNI Angkatan Laut.
Letkol Laut (KH) Suhendra selaku orang nomor wakhid di Museum “ Loka Jala Crana” selalu menekankan akan kebersihan lingkungan yang Asri kepada anggotanya sehingga menjadikan kenyamanan bagi pengunjung yang semakin bertambah jumlahnya di setiap tahunnya.

Keberadaan Museum yang sudah berdiri semenjak 19 September 1969 ini selalu meng-update akan benda- benda bersejarah yang di miliki oleh TNI Angkatan Laut, sehingga kedepan dengan adanya Museum ini dapat menjadikan pemahaman kepada generasi muda akan adanya sejarah TNI Angkatan Laut, memiliki sekaligus dapat mengawal Lautan Nusantara dan menjadi pewaris bangsa Bahari .

SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo melaksanakan Kegiatan Tengah Semester (KTS) merupakan kegiatan tahunan, Kunjungan ke Museum “ Loka Jala Crana” juga selalu menjadi agenda khusus, karena sekolah di bawah Yayasan Hang Tuah memiliki program yang mengetrapkan kurikulum kebaharian. Dengan adanya kunjungan ke Museum ini juga dapat menambah pengetahuan kebaharian sebagaimana di sampaikan oleh guide PNS Ahmad dan serta beberapa teman lainnya yang kesehariannya selalu memandu para pengunjung yang hadir di tempat ini.

Seusai dari Musium siswa siswi SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo, meneruskan kunjungannya ke Koarmada II yang langsung menuju ke patung Monjaya yang berdiri dengan gagahnya di sebelah barat Dermaga Madura, pada saat di dalam patung mereka mendapat penjelasan dari tim Guide Dinas Potensi Maritim ( Dispotmar) Koarmada II serta melihat dari dekat kekuatan TNI Al dalam Latihan Armada Jaya melalui vedio yang di putar di tempat ini.

Seusai dari patung Monjaya, mereka sempatkan foto bersama dengan latar belakang/ begron Patung Monjaya yang merupakan kebanggan Bangsa Indonesia, karena Patung ini tercetat sebagia patung tertinggi ke dua setelah patung Liberty yang berada di USA.
Sasaran berikutnya menuju ke KRI, empat KRI telah siap menerima mereka, antara lain
KRI antara lain KRI Gusti Ngurah Rai 332, KRI Diponegoro 365, KRI Sultan Iskandar Muda dan KRI Frans Kaisepo 368 yang sedang merapat di Dermaga Madura Pangkalan Koarmada II Ujung Surabaya.

Sambutan luar biasa siswa-siswi SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo pada saat tiba di KRI, mereka di pantau langsung oleh para Komandan yang di bawah kendali Komandan Satuan Kapal Eskora (Satkor) Koarmada II. Ke empat komandan KRI tersebut antara lain Komandan KRI GNR 332 Kol. Laut (P) Andri Balau , Dan KRI DPN 365 Letkol Laut (P) Lutfi , Dan KRI SIM 367 Letkol Laut (P) Nurul Mukhlis serta Dan KRI FKO 368 Letkol Laut (P) I Gede Putu Iwan.

Kunjungan SMP Hang Tuah 5 merupakan pelaksanaan program kurikulum KTS (Kegiatan Tengah Semester) tahun ajaran 2018/2019 bagi kelas VII A, kelas VII B , kelas VII C dan kelas D. Ke-149 siswa tersebut di damping 7 guru dengan ketua rombongan Lilik Handayani, S.Pd.
Selama di atas KRI buatan negeri kincir angin Belanda mereka di pandu oleh Perwira dan Bintara KRI untuk menjelaskan keberadaan KRI baik persenjataan yang ada maupun beberapa peralatan elecktonika, permesinan maupun sistim komunikasi yang merupakan kemampuan kapal canggih sebagai kekuatan yang di miliki TNI AL / Koarmada II.humasyht/linda.

One thought on “SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo Kunjungi Museum “Loka Jala Crana” dan Koarmada II Surabaya

  • I just want to mention I am just new to blogs and absolutely savored you’re web blog. More than likely I’m want to bookmark your site . You surely have great posts. Regards for revealing your webpage.

Leave a Reply