Siagakan Prajurit, Satlinlamil 2 Surabaya Latihan Penanggulangan Covid 19

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Satya Wira Jala Dharma. Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 2 Surabaya merupakan satuan pelaksana Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Hampir dua bulan masa kepemimpinan Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar, Satlinlamil 2 Surabaya mendapat perintah dari satuan atas untuk melaksanakan latihan penanggulangan dampak wabah Covid 19.

Tujuan dari latihan ini untuk menyiagakan prajurit di jajaran Satlinlamil 2 Surabaya agar selalu siap sedia apabila sewaktu-waktu digerakkan untuk mendukung operasi kemanusiaan dalam mengatasi pandemi covid 19.

Latihan penanggulangan wabah Covid 19 berjalan selama 12 hari, mulai 22 Oktober hingga 4 Nopember 2020.

Latihan ini diikuti oleh 560 personel Satlinlamil 2 Surabaya yang terdiri dari Staf dan unsur KRI jajaran Satlinlamil 2 Surabaya. Satlinlamil 2 Surabaya juga mengajak instansi terkait di sekitar wilayah kerja antara lain dari RSAL Ramelan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya dan KKP kanwil Surabaya untuk bersama ikut mendukung latihan tersebut.

Materi latihan meliputi pengetahuan dan sosialisasi tentang COVID-19, pengetahuan SOS pemerintah pada penanggulangan dampak COVID-19, pengetahuan penanganan COVID-19, pengetahuan tahapan penangganan bencana/tanggap darurat, pengetahuan proses penyiapan personel, pengamanan (pam) pada penanganan COVID-19 serta pengamanan kelompok rentan.

Selain teori dan pengetahuan, prajurit Satlinlamil 2 Surabaya juga dibekali drill-drill teknik tentang prosedur embarkasi debarkasi material kesehatan, rapid test, penyemprotan disinfektan serta evakuasi medis dengan KRI dan LCU.

Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar sangat mengapresiasi latihan yang diberikan kepada jajaran Satlinlamil 2 Surabaya. Ia berpesan agar pengetahuan dan ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan di lapangan.

“Gunakan kesempatan latihan penanggulangan covid 19 ini dengan optimal, ikuti dengan serius karena ditengah masih mewabahnya pandemi ini kita harus selalu siaga dan siap untuk membantu apabila diperlukan pemerintah” tutur Komandan.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) mengatakan sesuai dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk membangun sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional.

“Ditengah masih mewabahnya covid 19 ini, jajaran Kolinlamil selalu siap untuk mendukung pemerintah dalam penanggulangan covid 19. Dan itu kami siapkan dengan berlatih kesiapsiagaan Kolinlamil menghadapi wabah covid 19” ujar Panglima Kolinlamil.penkolinlamil/linda.

Leave a Reply