Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Rangkul Masyarakat dengan Acara Bakar Batu

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Setiap daerah di wilayah Indonesia menyimpan keunikan tersendiri seperti bahasa daerah, pakaian adat, makanan khas, maupun kebiasaan masyarakatnya. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Papua memiliki tradisi yang cukup unik yaitu upacara Bakar Batu.

Kali ini anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad dipimpin Lettu Inf Rahmat Hidayat sebagai Danki Pamtas yang juga Danpos Oksibil, kali ini menghadiri upacara adat tradisional yang penting dilakukan oleh masyarakat lokal Papua, bertempat di Kampung Kutdol, Distrik Oksibil Kab. Pegunungan Bintang, Provinsi Papua. Senin (29/06).

Pada kesempatan tersebut, Lettu Inf Rahmat menyampaikan bahwa sebagai prajurit yang sedang bertugas di daerah ini sangat menghormati tradisi masyarakat setempat. “Kami merasa terhormat karena ikut diundang oleh warga untuk menghadiri acara tradisi tersebut. Masyarakat bisa kumpul bersama kami sehingga kami juga dapat mengenal teman-teman dan tetangga kami dari masyarakat setempat,” katanya.

“Hal ini sebagai wujud kedekatan kami kepada masyarakat karena rakyat adalah ibu kandung TNI, sehingga kami harapkan datangnya kami disini dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya di daerah penugasaan,” tambahnya.

Kepala Kampung Kutdol Pilemon Uropmabin (50) menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada anggota Satgas atas partisipasinya telah datang mengikuti acara bakar batu yang dilaksanakan di kampungnya. “Saya juga mengundang anggota Satgas untuk memperkenalkan kepada mereka acara adat kami. Disini kami memasak babi sebagai hidangan utama, tapi dikarenakan ada masyarakat muslim yang kami undang maka kami juga menyediakan ayam sebagai tambahan hidangan,” ucapnya.penkostrad/linda.

Leave a Reply