Sambut Pasukan Garuda, Panglima TNI: Alhamdulillah Semua Sehat

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Panglima TNI sambut kedatangan Pasukan Garuda usai bertugas menjaga perdamaian di Lebanon. Menurutnya, Alhamdulliah semua anggota dalam keadaan sehat, dan bisa bertemu dengan keluarga masing-masing.

Hal itu diungkap Marsekal TNI Hadi Tjajanto di dermaga Kolinlamil saat menyambut kedatangan prajurit TNI yang telah mengemban misi mulia dibawah bendera PBB. Dikatakan, sebelumnya saya perintahkan prajurit yang kembali dari luar negeri, chek kesehatan sebelum mereka bertemu dengan keluarga masing-masing.

“Saya tanya kemarin semua prajurit kembali dalam keadaan sehat, memang saya tekankan semua pasukan yang pulang dari luar negeri saya minta chek kesehatan sebelum ngumpul dengan keluarga. Alhamudillah semua sehat, dan saya bangga semua bisa melaksanakan tugas dengan baik”, ujarnya.

Panglima TNI periksa pasukan Garuda saat tiba di dermaga Kolinlamil.foto:linda herawati.

Dijelaskan, berkat misi yang diemban Pasukan Garuda, akhirnya Indonesia masuk menjadi “anggota tidak tetap” Dewan Keamanan PBB. Ia juga mengatakan saat menyambut kedatangan Pasukan Garuda, bahwa tugas yang mereka emban adalah tugas mulia dan membanggakan, tugas sebagai diplomat TNI tidak hanya membawa nama baik bangsa, juga memberi pengalaman secara individu.

“Apa yang telah prajurit laksanakan dan wawasan yang didapat di medan penugasan harus dapat digunakan meningkatkan profesionalisme Satuan serta keberhasilan misi-misi berikutnya. TNI saat ini sedang meningkatkan diplomasi militer, diplomasi yang kuat bisa meningkatkan diplomasi luar negeri demi meningkatkan diplomasi Indonesia”, tandasnya.

Posisi Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, posisi inilah yang memungkinkan kita berperan lebih aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia. Disamping itu spektrum ancaman lebih komplek, hal itu menuntut kerja sama bilateral dan multilateral karena tidak ada satu negara pun yang mampu menghadapi ancaman itu sendiri.linda.

Leave a Reply