Rumah Sakit Lapangan Yonkes 2 Divif 2 Kostrad Berikan Layanan Kesehatan Kepada Korban Gempa di Mamuju Sulbar

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Yonkes 2 Divisi Infanteri (Divif) 2 Kostrad berikan layanan kesehatan kepada masyarakat korban gempa bumi di Mamuju Sulewasi Barat. Rumah sakit ini diawaki oleh 153 personel yaitu 140 personel prajurit Yonkes 2 Divif 2 Kostrad dan 13 personel dari Puskesad terdiri dari dokter spesial orthopedi bedah serta perawat mahir.

Sebagai Komandan Rumah Sakit Lapangan ( Danrumkitlap) adalah Letkol Ckm dr. Ayiq Mahmud, Sp.OT.,(K) Spine, sekaligus sebagai Komandan Batalyon Kesehatan (Danyonkes) 2/Yudha Bhakti Husada Divisi Infanteri 2 Kostrad. Rumah Sakit ini merupakan bantuan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., PH.D, yang dilengkapi peralatan kesehatan modern, serta bersifat mandiri yang dilengkapi dengan alat – alat pendukung seperti Genset, Water Treatment, Kitchen Set, Air Condition, Kendaraan Angkut truk, Ambulance, mobil BBM dan lain-lain. Rumah sakit lapangan ini berkapasitas 100 tempat tidur.

Rumkitlap digelar di lapangan Komando Resor Militer 142/Taroada Tarogau Mamuju Sulawesi Barat yang merupakan lokasi strategis dalam memberikan bantuan kemanusiaan berupa pelayanan kesehatan terhadap korban gempa yang saat ini rumah sakit setempat mengalami kerusakan akibat gempa.

Atas perintah Kasad dikirim satu unit rumah sakit lapangan ke Mamuju Sulawesi Barat menggunakan Kapal Angkatan Darat Republik Indonesia (ADRI) 52 yang sampai di Mamuju pada hari Jum’at (22/01/2021).penkostrad/linda.

Leave a Reply