Ribuan Prajurit TNI dan Polri Apel Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Ribuan pasukan gabungan TNI-Pori apel pengamanan Natal dan Tahun Baru di Monumen Nasional (Monas), Panglima TNI dan Kapolri bertindak sebagai Inspektur Upacara. Panglima TNI mengatakan, apel ini wujud sinergitas antara TNI dan Polri, selama 2018 kedua institusi sukses melakukan pengamanan Pilkada serentak, Asian Games dan Asian Paragames. Kali ini sinergitas semakin erat.

Demikian diungkap Marsekal TNI Hadi Tjajanto usai upacara kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019. Menurutnya, tujuan apel tersebut mengecek kesiapan prajurit TNI dalam mendukung Polri melakukan pengamanan akhir tahun, dengan tajuk “Operasi Lilin 2018” serta pengamanan Pileg dan Pilpres 2019.

“Tahun 2018 TNI – Polri telah bersinergi untuk mensukseskan berbagai even nasional diantaranya Asian Games, Asian Paragames, KTT IMF dan pengamanan Pilkada Serentak, termasuk pengamanan Mudik dalam rangka Hari Raya Idul Fitri. Itu semua berkat kerjasama, sinergitas antara TNI – Polri, dan hari ini kita perkuat lagi untuk mendukung pengamanan Natal dan Tahun Baru”, tandasnya.

Apel gabungan TNI – Polri di Monas.foto:linda herawati.

Lebih lanjut dikatakan, pasukan TNI yang akan dikerahkan sekitar 43 ribu di seluruh Indonesia sementara anggota Polri yang diterjunkan sekitar 9 ribu. Jadi ada sekitar 50 ribu prajurit TNI dan Polri yang akan kita kerahkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru, termasuk pengamanan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019.

Sementara soal daerah mana yang rawan saat pesta demokrasi berlangsung, secara tegas Panglima menyatakan, hal itu akan dirilis pihak Kepolisian, nantinya prajurit TNI akan ditempatkan di sana di kawasan yang dianggap rawan guna membantu pihak Kepolisian.

Sedangkan Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian menyatakan, Pileg dan Pilpres jangan “ditakuti” karena ini pesta demokrasi, semua harus bergembira dan silahkan milih yang terbaik. Masalah kerawanan Papua tetap menjadi perhatian Polri karena sistem pemilihannya sedikit berbeda, di sana menggunakan token, di wilayah pegunungan.

“Selagi TNI – Polri kompak dan didukung rakyat semua aman-aman saja. Mungkin yang menjadi perhatian lebih itu di Dapil ini karena baru pertama kali dilakukan serentak Pileg dan Pilpres. Untuk itu kita melakukan rencana pengamanan bersama TNI, bukan hanya nasional tapi juga di dapil”, ujarnya mengakhiri keterangannya.linda.

Leave a Reply