Rapim TNI, Panglima TNI: Operasi Non Tempur Digelar Atasi Gangguan Keamanan di Papua

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Rapat pimpinan (Rapim) TNI prioritaskan tiga hal pengamanan yaitu, di gangguan keamanan di Papua, rawan bencana, dan pengamanan Pileg dan Pilpres. Panglima TNI mengatakan, operasi di Papua tak hanya operasi tempur tapi operasi psikologis dan pendekatan pada masyarakat. Kita ingin mendengar mereka, apa yang diinginkan akan kita penuhi semua kecuali merdeka.

Demikian diungkap Marsekal TNI Hadi Tjajanto usai menutup Rapim TNI , di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta. Menurutnya, dari tantangan tersebut maka ia memerintahkan para Pangkotama menyiapkan alutsista dan personil. Dengan asumsi dua ‘titik panas’ yang akan diproyeksikan.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, saat ini karakteristik ancaman sudah berubah, dari yang biasa melompat menjadi sangat eksalatif, campuran, dan dalam tempo yang lama. Sehingga semua harus siap dan berkordinasi dengan BNPB, dan TNI tetap dengan karakteristiknya pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana.

Sementara masalah gangguan keamanan di Papua, ia mengatakan, penggunaan teknologi yang telah dilakukan TNI dalam operasi cukup efektif. Namun yang tak kalah penting adalah operasi non tempur, karena mereka adalah saudara kita juga.

Panglima TNI berikan penghargaan ke Pangkotama berprestasi. foto:linda herawati.

“Bila rakyat Papua melihat TNI berbaju loreng turun, mereka tidak ketakutan mereka akan menyambut kita. Sehingga operasi yang akan digelar bermacam-macam untuk mengurangi operasi tempur dengan cara pendekatan dan menyadarkan mereka sekaligus menyerap keingginan mereka, yang penting jangan keinginan mereka yang lain akan kita penuhi”, tegasnya.

Terkait tewasnya beberapa anggota TNI di Papua, menurutnya, TNI akan menggelar operasi Gakum dan operasi non tempur yang akan digelar di Papua. Termasuk operasi teritorial dan operasi psikologi, TNI mendekati masyarakat dan berbicara dari hati ke hati keinginan mereka apa akan kita penuhi. Mungkin salah satunya penyerapan tenaga lokal pembangunan Trans Papua, akan dipenuhi.linda.

Leave a Reply