Pusdikpal, Tempat Menempa Mekanik Handal Alutsista TNI AD

Home, Matra

Cimahi, inspiras1nusantara, Tentara Nasional Angkatan Darat menyiapkan segalanya demi mempertahankan kedaulatan negara. Baik alat utama sistem persenjataan (alutsista) hingga prajurit mereka tempa di pusat-pusat pendidikan, salah satunya Pusat Pendidikan Peralatan Angkatan Darat (Pusdikpal) yang “menggodok” prajurit TNI AD jadi mekanik profesional alutsista Angkatan Darat.

Dinas Penerangan Angkatan Darat mengajak media berkunjung ke Pusdikpal di Cimahi, Jawa Barat, untuk melihat langsung bagaimana TNI AD menyiapkan personelnya merawat dan memelihara alutsista guna mendukung operasi yang dilakukan TNI AD.

Selain, melihat para prajurit menimba ilmu dan praktek perbaikan alutsista, rombongan juga diajak menjajal kendaraan tempur milik TNI AD sekaligus berkeliling pusat pendidikan tersebut. Kedatangan rombongan media bagi para siswa di sana nyaris dianggap angin lalu, para siswa tetap fokus menambah pengetahuan dari para instruktur dan tekun mempraktekan pengetahuan permesinan alutsista yang mereka kuasai.

Komandan Pusdikpal Kodiklatad Kol CPL Taufan Tjandra Kusuma mengatakan, Pusdikpal mendidik prajurit yang akan melaksanakan pemeliharaan dan melaksanakan pembekalan materil alutsista Angkatan Darat. Mereka dididik dan dilatih sehingga menjadi profesional untuk merawat alutsista TNI AD.

Para siswa Pusdikpal lakukan samapta rutin keliling lapangan Pusdikpal, Cimahi, Jawa Barat.foto:linda herawati.

“Disini kami melakukan transfer ilmu pengetahuan melalui negara pembuat alutsista, kami melakukan penataran, dan pembelajaran lalu kita berikan ke para siswa. Jadi semua alutsista yang dimiliki TNI AD dipelajari dan pengetahuannya diberikan ke siswa hingga mereka menjadi profesional”, ungkapnya.

Meski demikian, ia jujur mengatakan, Pusdikpal mash ada kekurangan, terutama masih minimnya peralatan yang mengadopsi teknologi modern. Namun ia yakin kekurangan itu bisa diatasi dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan diskusi dengan negara-negara pembuat alutsista modern seperti Jerman, Perancis, Belgia dan produsen lainnya.

Ia juga mengakui masih kurangnya jumlah prajurit yang handal dibidang mekanik alutsista saat ini, karena itu setiap tahun sekitar seribu prajurit dididik di Pusdikpal guna mempersiapkan prajurit profesional dibidang permesinan alutsista Angkatan Darat.

Lingkungan Pusdikpal memang sesuai sebagai tempat mencetak prajurit yang handal di perawatan dan pemeliharaan alutsista. Saat berkeliling kampus Pusdikpal, banyak bangunan bersejarah peninggalan masa kolonial, hawanya pun sejuk dan hening cocok untuk tempat pendidikan.

Ada keinginan Danpusdikpal Kodiklatad menjadikan kampusnya sebagai lokasi military herittage atau lokasi sejarah militer. Ia pun mendukung pemda Cimahi yang fokus dengan wisata sejarah, memang banyak lokasi bersejarah di kota tersebut, salah satunya adalah Pusdikpal.linda.

Leave a Reply