Pramuka Saka Bahari Kwarcab Pasuruan Terima Pelatihan Dian Pinsat di Puslatpurmar 3 Grati

Matra

Pasuruan, inspiras1nusantara, Pramuka Saka Bahari Untung Suropati Kwarcab Pasuruan yang berada dibawah binaan Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpurmar) 3 Grati melaksanakan pelatihan Dian Pinsat (Gladian Pimpinan Satuan) di daerah latihan TNI AL Grati Pasuruan.

Dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup dan kegiatan-kegiatan produktif bermanfaat yang berorientasi kebaharian termasuk laut dan perairan dalam maka Pimpinan Saka Bahari Kwarcab Pasuruan dibawah binaan Puslatpurmar 3 Grati Kolatmar mengadakan pelatihan Dian Pinsat.

Kegiatan pelatihan tersebut dipimpin oleh Mayor Mar Eko Basuki yang sehari-hari menjabat Danden Opsfib Puslatpurmar 3 Grati. Materi kepelatihan yang diberikan kepada 50 siswa-siswi anggota Pramuka Saka Bahari tersebut meliputi pengetahuan Bidik Kompas, Membuat Peta Perjalanan, Survival, Pengujian SKU, Mendirikan Bivak dan Praktek mendirikan tenda.

Pimpinan Saka Bahari Kwarcab Pasuruan, Mayor Mar Rudi Sutisna M.Tr.Opsla menjelaskan bahwa tujuan pelatihan Dian Pinsat tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan para pramuka Saka Bahari Kwarcab Pasuruan tingkat Penegak yang akan menjadi pimpinan satuan di tingkat ranting masing-masing. Saka Bahari juga merupakan wadah bagi para pemuda pemudi di wilayah Pasuruan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air serta mengembangkan jiwa Bahari untuk mengingatkan kembali tentang jati diri Bangsa Indonesia sebagai bangsa Maritim,” Tegas Mayor Mar Rudi Sutisna.

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Saka Bahari merupakan Satuan Karya yang membidangi bidang Kelautan dibawah pembinaan TNI Angkatan Laut.penpuslatpurmar/linda.

Leave a Reply