Penyematan Brevet Kehormatan Manusia Katak di Pulau Damar

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. ikut menyaksikan penyematan Brevet kehormatan manusia katak kepada Pangkoarmada I Laksamana muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. di Pulau Damar kepulauan seribu Jakarta.

Untuk meningkatkan profesionalisme, keterampilan, dan kesiapan operasional Satuan Kopaska agar mampu mengatasi segala sesuatu yang dapat mengancam, membahayakan kedaulatan negara, keselamatan bangsa dan kepentingan nasional di bidang maritim, maka dilakukan serangkaian simulasi Latihan Peperangan Laut Khusus dimulai dengan Pendaratan Khusus Kopaska, demolisi, terjun paying, pembebasan sandera dan Debarkasi Tank Amfibi Marinir yang sekitar 120 personel, menggunakan 4 unit Tank BMP-3F dan 4 unit Tank LVT 7A. didukung oleh unsur KRI Semarang-594, KRI Tenggiri-865, KAL Kilat, KAL Cobra, KAL Sanca, Heli Bolcow HE-4108, Pesawat Cassa U-6208, Sea Rider, dan Combat Boat, dengan melibatkan sekitar 318 personel. Di akhir latihan tersebut dilaksanakan Penyematan Brevet Kehormatan “Manusia Katak” kepada Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., oleh Komandan Satkopaska (Satuan Komando Pasukan Katak) Koarmada I Kolonel Laut (P) Johan Wahyudi.
Pangkoarmada I mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL atas diberikannya penghargaan Brevet Kehormatan “Manusia Katak”, yang merupakan kebanggaan tersendiri bagi dirinya karena dapat bersama – sama ditengah-tengah keluarga besar Pasukan Katak, Lebih lanjut Pangkoarmada I menegaskan kebanggaannya terhadap Kopaska yang telah menunjukkan loyalitas, dedikasi serta profesionalisme dalam setiap penugasan. “Operasi khusus kopaska merupakan latihan rutin yang kita laksanakan dalam rangka memelihara kemampuan tempur pasukan katak, dan saya sebagai Pangkoarmada I wajib membina, memelihara untuk meningkatkan profesionalisme unsur prajurit Koarmada I,” Ucap Laksda Heri.penlantamal/linda.

Leave a Reply