Pengobatan Gratis, Danlantamal IX : Baksos wujudkan Kepedulian dan Dukung Program Pemerintah

Matra

Ambon, inspiras1nusantara, “Adanya kegiatan bakti sosial ini sebagai wujud kepedulian Lantamal IX terhadap kesehatan masyarakat guna mendukung program pemerintah dalam rangka membantu mengurangi jumlah orang sakit di Indonesia khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu sehingga dapat memberikan dampak positif untuk terbangunnya kondisi kesehatan masyarakat yang lebih baik”, demikian sambutan Komandan Lantamal IX pada acara bakti sosial kesehatan di Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon.

Lebih lanjut Danlantamal IX menuturkan kegiatan bakti sosial ini juga dapat dijadikan sebagai wahana meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang merupakan pilar kekuatan bangsa yang besar dan kita senantiasa harus membina solidaritas kebersamaan untuk menciptakan kondisi persatuan dan kesatuan nasional yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Kegiatan ini sebagai wujud tanggung jawab dan pencerminan kita dalam mengamalkan nilai-nilai kemanusiaan yang memang menjadi tuntutan bagi prajurit dimanapun berada dalam tugas.

Momentum ini sebagai upaya menumbuhkembangkan empati bagi prajurit TNI dan komponen bangsa sekaligus guna menjalin rasa kebersamaan serta kepedulian antara TNI dan rakyat”, sambung Danlantamal IX.

Diakhir sambutan, Danlantamal IX mengatakan kgiatan ini diharapkan bisa terus dilaksanakan secara berkelanjutan, Hal ini karena semakin banyaknya dukungan yang diberikan oleh masyarakat maupun lembaga dan organisasi masyarakat yang bertujuan membantu mengurangi jumlah orang sakit khususnya yang berada di Kota Ambon ini.

Sementara itu, Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru yang hadir mewakili Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan atas nama Pemerintah Kota Ambon mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan bakti sosial kesehatan ini.

Selain itu dikatakan Pemerintah Kota Ambon akan mendukung penuh program-program serupa untuk membantu masyarakat, karena hal ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah tapi juga menjadi perhatian kita semua.

Bakti sosial kesehatan yang dilaksanakan di Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon ini merupakan kerjasama antara Lantamal IX dengan STIkes Maluku Husada dan Yayasan Bakti Indonesia dalam rangka memperingati hari Armada ke 73 tahun 2018 dengan melayani operasi bibir sumbing, khitanan massal, pelayanan spesialis Paru, bedah, umum dan kebidanan. Seluruh layanan kesehatan itu diberikan secara gratis kepada masyarakat Maluku.

Pada kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 6 Desember 2018 kemarin sampai tanggal 8 Desember 2018 pasien tercatat sebanyak 171 orang dengan rincian pasien operasi bibir sumbing sebayak 70 orang, khitan massal sebanyak 12 anak.

Sedangkan pengobatan pelayanan spesialis Paru sebanyak 35 orang, pelayanan bedah sebanyak 3 orang, pelayanan umum sebanyak 70 orang dan pelayanan kebidanan sebanyak 34 orang.pelantamal/linda.

Leave a Reply