Pendukung Capres-Cawapres Rusuh, PHH Koarmada I Amankan Situasi

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Komando Armada I menggelar latihan pengamanan Pileg dan Pilres 2019, dengan melakukan simulasi pengamanan bentrokan antara pendukung Capres-cawapres. Simulasi itu digelar seusai upacara pembukaan latihan pengamanan Pileg dan Pilpres oleh Kepala Staf Koarmada I, di halaman Mako Armada I, Jakarta.

Kaskoarmada I Laksma TNI T.S.N.B. Hutabarat S.E., M.M mewakili Panglima Koamada I bertindak selaku Inspektur upacara membuka latihan yang ditandai dengan penyematan simbol pasukan pengamanan Koarmada I. Latihan tersebut bertema “Koarmada I Melaksanakan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden di Wilayahnya dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Seusai upacara sejumlah prajurit Koarmada I melakukan simulasi, dimulai dengan adanya orasi salah satu calon di lapangan terbuka. Tak berapa lama kemudian datang serombongan orang dari kubu yang berbeda mengganggu orasi tersebut.

Diawali ejekan dan lemparan batu dari rombongan pengganggu, situasi pun melebar dan terjadi saling lempar dan ejek. Sementara petugas yang melakukan pengamanan orasi merasa kewalahan karena kalah jumlah dari kedua kubu, maka Komandan lapangan menghubungi Mako dan meminta tambahan personil.

Kasarmabar I periksa pasukan upacara pembukaan latihan pengamanan pileg dan pilpres.

Selang beberapa saat datanglah pasukan Pengendali Huru-Hara (PHH) dari Koarmada atas permintaan Pangdam Jaya selaku Panglima pengamanan Ibukota. Pasukan ini langsung merangsek ke tengah memisahkan kedua kubu yang mulai tak terkendali emosinya, dengan sigap PHH Koarmada I memisahkan kudu kubu menjauh dari lokasi keributan.

Meski sudah dipisahkan namun emosi kedua kubu masih tinggi, guna menghindari kerusuhan makin meluas terpaksa PHH mengeluarkan tembakan peringatan. Bukannya membubarkan diri, para perusuh itu malah makin ‘Chaos’ dengan melakukan pembakaran kendaraan dan merusak bangunan di sekitarnya.

Selain membubarkan massa pasukan juga meringkus beberapa provokator kerusuhan dan membawanya ke Mako, ada pula korban akibat kerusuhan tersebut. Petugas kesehatan yang datang bersama PHH, sigap menolong korban yang jatuh dan memberikan pertolongan pertama sebelum dilarikan ke rumahsakit terdekat.

Akhirnya PHH Koarmada I berhasil membubarkan perusuh dan mengamankan lokasi kerusuhan dan situasi pun kembali normal. Simulasi ini disaksikan langsung Kaskoarmada I bersama para Komandan Satuan di jajaran Koarmada I serta undangan dari TNI AD dan Polri. Latihan ini digelar serentak di seluruh jajaran Koarmada I, usai latihan Kaskoarmada melakukan teleconference dengan Lantamal jajaran Koarmada I.apr.

Leave a Reply