Peduli Tsunami Selat Sunda, Koarmada I Kirim 4000 Paket Bantuan

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Komando Armada I kirim berangkatkan 10 truk mengangkut bantuan korban tsunami Selat Sunda, 4000 paket bantuan itu guna meringankan penderitaan masyarakat yang terdampak bencana tersebut. Pangkoarmada I mengatakan, bantuan ini akan didistribusikan langsung ke masyarakat yang menjadi korban tsunami, sementara prajurit Koarmada I sudah turun membantu masyarakat sejak bencana itu terjadi.

Demikian diungkap Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat melepas bantuan “TNI AL Peduli Tsunami Banten dan Lampung”, di Mako Koarmada I, Jakarta. Menurutnya, saat ini situasi di sana sudah mulai kondusif, maka Koarmada I mengirimkan bantuan bagi saudara kita yang tertimpa musibah.

Dikatakan, sejak 22 Desember 2018 unsur Koarmada I sudah diterjunkan ke wilayah yang terdampak bencana tsunami Selat Sunda. Ada lima KRI dan 200 prajurit Koarmada I dari Satuan Kopaska, prajurit Lantamal III Jakarta, Lanal Banten, dan Lanal lampung guna melakukan evakuasi korban terjangan ombak setinggi lebih kurang 4 meter.

“Karena situasinya sudah membaik, maka kita tarik pasukan termasuk KRI. Namun satu KRI lagi masih di sana yaitu KRI Usman-Harun untuk membantu BMKG guna memasang alat deteksi gempa. Dan bantuan ini akan kita serahkan ke pemerintah daerah karena mereka yang lebih tahu situasi warganya, kami hanya membantu untuk mendistribusikan bantuan tersebut”, tegasnya.

Panglima Koarmada I Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M. beri keterangan saat melepas bantuan korban tsunami Selat Sunda. foto:linda herawati.

Lalu ia menjelaskan, 1500 paket bantuan akan diserahkan ke Bupati Pandegelang dan 2500 diberikan ke Bupati Lampung. Sedangkan prajurit Koarmada melakukan pengawalan serta mendistribusikan bantuan tersebut, agar bantuan ini diserahkan ke orang yang benar-benar korban tsunami Selat Sunda.

Selain itu dalam menyambut Hari Dharma Samudera jajaran Koarmada I juga menggelar bakti sosial di tiga lokasi yaitu, Panimbangan, Pandeglang, Banten, Kalianda, Lampung, serta Tual, Maluku. Adapun kegiatan yang dilakukan selain pemberian paket sembako, ada pula pengobatan, penyuluhan kesehatan, dan khitanan masal sebanyak 300 anak.

Guna melaksanakan baksos tersebut TNI AL mengerahkan sekitar 200 personel yang didukung tiga unsur KRI, 10 unit truk dari Koarmada I, 10 truk dari Korps Marinir, dua truk dari Dispotmar dan Pangkalan AL di masing-masing wilayah, dan juga kendaraan taktis untuk mobilitas operasi. Sementara bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda Koarmada I bekerjasama dengan beberapa bank pemerintah serta stasiun televisi swasta nasional.linda.

Leave a Reply