Paparan Dankolatmar Rencana Latihan Pra Satgas Mupe ke Dankormar

Home

Pasuruan, inspiras1nusantara, Komandan Komando Latih Korps Marinir Kolonel Marinir I Made Sukada, S.E menyampaikan Rencana Garis Besar (RGB) pra satgas Muara Sungai dan Perairan (Mupe) Ta. 2021 kepada Komandan Korps Marinir secara virtual di ruang rapat Mako Kolatmar Grati, Pasuruan.

Salah satu tugas pokok Kolatmar adalah mengkoordinasikan penyiapan dan penyelenggaraan pelaksanaan latihan tempur termasuk latihan prasatgas di lingkungan Kormar, antar Kolak Kormar dan unsur TNI Angkatan Laut /TNI dalam rangka penggunaan kesenjataan Kormar bagi operasi pendaratan amfibi, operasi darat, operasi khusus dan tugas operasi pertahanan lainya. Kolatmar sebagai penyelenggara latihan pra satgas Mupe melibatkan 129 pendukung dan instruktur akan memberikan materi-materi latihan meliputi materi hukum, intelijen, teritorial, tempur, komunikasi dan elektronika.

Sebelumnya Asops Danpasmar 2 melaporkan orientasi medan yang telah dilaksanakan. Satgas Muara dan Perairan Papua merupakan satgas Marinir pertama di bawah Komando Koopsgab Pinang Sirih beserta perkuatannya melaksanakan pengamanan di perbatasan wilayah darat RI-PNG secara mobile dengan melaksanakan operasi penindakan offensif mencari, mendekati dan menghancurkan kekuatan KKSB.

Latihan pra satgas Mupe akan dilaksanakan selama dua minggu di daerah latihan Pantai Baruna Kondang Iwak. Adapun materi yang akan dikembangkan meliputi long range navigation, menembak diatas perahu karet, menembak sniper, menembak senban (Mo 60, GPMG, RPG 7), kontak drill, penyeberangan sungai, patroli, air supply, pengetahuan offline maps, sea survival, patroli sungai rawa dan sistem pengintaian menggunakan drone night google.

Komandan Korps Marinir berpesan bahwa medan Papua tidak sama dengan Jawa, muara dan perairan merupakan killing zone, pelajari aspek medan untuk penyebaran penempatan pos-pos Mupe dengan tujuan dapat memutus menyekat batuan logistik maupun pergerakan musuh, analisis materi-materi yang akan dilatih dan dikembangkan dengan para instruktur yang berpengalaman dan dapat memberikan gambaran di daerah penugasan nantinya.penpuslatpurmar/linda.

Leave a Reply