Pangkoarmada l Jadi Warga Kehormatan Kopaska, Ikut Renang Laut Bawa Beban 25 Kg

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Panglima Komando Armada l diangkat sebagai warga kehormatan Komando Pasukan Katak (Kopaska), baret kebanggaan Satuan tersebut disematkan usai mengikuti latihan rutin Satuan tersebut di Kepulauan Seribu. Menurutnya, latihan yang ia ikuti cukup berat terlebih lagi harus mengenakan seragam dengan beban seberat 25kg lalu terjun dari KRI renang menuju pantai.

Demikian menurut Pangkoarmada Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono S.E. M.M usai penyematan Baret Komando Pasukan Katak. Dikatakan, latihan yang digelar Kopaska meliputi latihan sabotase, pengemboman, terjun ke laut dalam kondisi malam dan menyerang target sasaran di kawasan pesisir.

Usai pemberatan Pangkoarmada l diarak prajurit Kopaska.foto:linda herawati.

Pangkoarmada l sendiri sebelum menerima baret kehormatan, ia ikut renang menuju pantai menembus kegegelapan malam menjelang pagi. Seragam taktikal yang ia kenakan pun beratnya sama seperti prajurit Kopaska lainnya yang mengikuti latihan.

Sekitar 25 menit mereka berenang dari KRI menuju pantai pulau Damar, menurutnya, kesulitan dalam operasi yang direncanakan dalam latihan ini bukan jarak tempuh atau lamanya mencapai sasaran tapi lebih pada jumlah kekuatan lawan yang tak terdeteksi.

Hal-hal itulah terus dilakukan prajurit Komando milik TNI AL untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas parjurit Kopaska. Umumnya latihan prajurit Kopaska bikin masyarakat geleng-geleng, karena latihan mereka tak lazim, saat menuju target sasaran mereka “dilontarkan” dari lubang pelepasan torpedo kapal selam. Bahkan latihan tersebut membuat prajurit negara lain menelan ludah melihat latihan tersebut.

Mengkhiri penjelasannya Pangkoarmada l berpesan, ada empat hal yang ia tekankan, tingkatkan profesionalisme, tingkatkan militansi, punya loyalitas yang tinggi, dan harus memiliki fisik yang kuat karena ini berpengaruh dengan tugas yang harus mereka emban.linda.

Leave a Reply