Pangkoarmada III Silaturahmi dengan Masyarakat Nelayan Kota Sorong

Matra

Sorong, inspiras1nusantara, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., melaksanakan silaturahmi dengan segenap masyarakat nelayan Kota Sorong di gedung serba guna Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat.

Silahturahmi ini juga dihadiri Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) para Asisten Panglima Koarmada III, sejumlah Kasatker Koarmada III. Selain itu juga dihadiri sejulah pejabat terkait, antara lain Kepala PSDKP Kota Sorong, Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Kota Sorong, Kepala Balai Penyuluh Perikanan Kota Sorong, Kepala KP3 Laut Kota Sorong, Kepala Kantor Karantina Pelabuhan Kota Sorong, dan para mitra usaha kelautan dan perikanan Kota Sorong.

Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan implementasi nyata bentuk hubungan silaturahmi antara Koarmada III dengan komponen masyarakat maritim, khususnya nelayan dalam rangka memperdayakan wilayah pertahanan laut dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004, pasal 7.

Aplikasi dari undang-undang tersebut, Dinas Pembinaan Potensi Maritim Koarmada III memiliki tugas menyelenggarakan fungsi pengendalian dan pengawasan pelaksanaan kegiatan pembinaan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara dibidang maritim yang meliputi pembinaan sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya buatan serta pemberdayaan pembangunan kelautan di wilayah Koarmada III. “Saya yakin dengan niat yang ikhlas dan tulus, kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama dalam rangka memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Setelah dibuka secara resmi oleh Panglima Koarmada III, silaturahmi tersebut dilanjutkan dengan cermah kelautan dan kemaritiman, antara lain Batas Laut Yurisdiksi Nasional Indonesia di Wilayah Papua Barat oleh Kepala Dinas Pembinaan Hukum Koarmada III Kolonel Laut (KH) Ida Kadek Sadnyana, S.H., M.H., Pemberdayaan Hasil Laut Masyarakat Nelayan Kota Sorong oleh Kepala Dinas Perikanan Kota Sorong Maklon Manibury, S.Sos., M.Si., Persyaratan dan Kelengkapan Surat dan Dokumen Kapal serta Pengurusannya Dalam Mendukung Kegiatan Masyarakat Nelayan Kota Sorong oleh M. Takwin Masuku., S.T., M.T., dan Pengembangan Usaha Perikanan dalam Mendukung Kegiatan Masyarakat Nelayan Kota Sorong oleh Branc Manager PT. Perikanan Nusantara Persero Cab. Kota Sorong David Kapisa.penarmada3/linda.

Leave a Reply