Multilateral Naval Exercise Komodo, Asops Kasal Buka Pertemuan Lanjutan

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Agustus mendatang TNI Angkatan Laut kembali menggelar Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yaitu latihan antar Angkatan Laut dunia untuk kemanusiaan. Sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, Asops Kasal membuka pertemuan guna membahas latihan tersebut.

Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M mengatakan, ada yang berbeda di latihan kali ini, tahun 2020 merupakan perayaan 75 tahun Indonesia Merdeka, saat internasional feet review diharapkan akan dihadiri Presiden, atau Panglima TNI.

Menurutnya, Mnek 2020 merupakan latihan yang ke-empat yang digelar TNI AL dan kegiatan ini akan dilaksanakan di perairan Jakarta. Kegiatan sebelumnya dilakukan di Anambas, Padang, dan Lombok. Dan biasanya digelar pada bulan April atau Mei, tapi kali ini diadakan di bulan Agustus bertepatan dengan perayaan 75 tahun Indonesia Merdeka.

Dikatakan, latihan Mnek bukan latihan operasi perang, melainkan latihan menghadapi bencana. Nantinya ada sekitar 54 negara yang terlibat, mereka berlatih bagaimana koordinasi dalam menghadapi bencana guna membantu masyarakat yang tetdampak bencana.

Perwakilan Angkatan Laut dunia hadiri di pertemuan lanjutan MNEK 2020.foto:linda herawati.

“Sebagai negara maritim terbesar kita terpanggil bagaimana membantu saudara-saudara kita, negara tetangga kita, atau negara-negara sahabat yang mengalami bencana. Latihan ini juga akan memberi bantuan kemanusiaan pada masyarakat Indonesia tepatnya di daerah Jakarta Utara. Bedah rumah skala kecil, memperbaiki irigasi untuk mencegah banjir dan membangun MCK”, ungkapnya.

Sementara terkait virus Corona, menurutnya, nanti juga akan ada dialog kesehatan dengan mengundang ahli-ahli kesehatan terutama penyakit menular. Terkait hal itu pula, Asops Kasal belum bisa memastikan apakah Angkatan Laut China hadir atau tidak, pihaknya masih menunggu perkembangan penanganan penyakit akibat virus Corona.

Mnek 2020 tidak hanya dilaksanakan latihan bersama, akan tetapi juga diselenggarakan rangkaian kegiatan lainnya seperti Medical Civic Action Project (MEDCAP) dan Engineering Civic Action Project (ENCAP) yang dilaksanakan di dua sektor pelaksanaan yaitu di Jakarta dan di Belitung, International Fleet Review (IFR), Culture Performance, City Parade, City Tour, Bilateral Meeting, Culinary Festival, Maritime Exhibition, Fun Run, Fun Bike, serta olahraga bersama dengan seluruh angkatan laut negara peserta yang hadir.linda.

Leave a Reply