Merpati Putih Kurikulum Wajib, Danseskoal Kukuhkan Anggota Baru

Gaya Hidup, Home

Jakarta, inspiras1nusantara, Pencak silat Betako Merpati Putih menjadi kurikulum wajib bagi Perwira Mahasiswa (Pasis), untuk itu Danseskoal selaku pembina melakukan pengukuhan anggota baru Kolat Merpati Putih cabang khusus Seskoal. Menurutnya, karena pencak silat ini wajib bagi Pasis, nanti persemester akan diujikan.

Hal itu diungkap Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T, M.Sc., D.E.S.D, saat penerimaan sekaligus pengukuhan anggota baru, di Seskoal. Lebih lanjut diungkapkan, banyak cabang pencak silat di Indonesia, namun yang punya histori dan kedekatan emosional dengan TNI AL hanya Merpati Putih. Dan MP ini diwajibkan bagi Pasis Seskoal sejak ia menjabat sebagai Komandan Seskoal.

Dikatakan, ini adalah pertama kali MP menjadi kurikulum wajib di Seskoal sejak berdiri pada 1962. “Sejak agustus tahun lalu sudah saya targetkan untuk Pasis, nanti pertiga bulan sekali akan ada ujian. Di semester pertama mereka ditargetkan bisa memecahkan benda-benda keras, semester dua mulai getaran, ujian terakhir mereka harus mampu menghadapi situasi berbahaya”, tambahnya.

Danseskoal menyaksikan demonstrasi Power Merpati Putih pecahkan benda keras. foto:linda herawati.

Diwajibkannya MP ini, diharapkan para Pasis menularkan beladiri ini ke Kesatuannya setelah lulus dari Seskoal. Meski mereka telah lulus, kami akan tetap memantau perkembangan dari Seskoal. Dan mereka masih tercatat sebagai anggota Kolat cabang khusus Seskoal.

Sementara tujuan dari MP ini masuk kurikulum khusus, menurutnya, sebagai prajurit TNI punya tugas utama yaitu bela negara, nah sebelum bela negara hal yang utama adalah bela diri. Di Seskoal ada dua macam, bela diri terhadap alam dan manusia (musuh-red). Bela diri terhadap alam, Pasis harus mampu renang nonstop dengan jarak 3000 meter, sedangkan terhadap lawan harus menguasai MP ini.

Selain Merpatih Putih, renang juga menjadi kurikulum wajib bagi Pasis Seskoal, sebelumnya renang dan MP hanya sebagai olahraga umum atau hobi. Namun sejak Agustus tahun lalu dua cabang olahraga itu masuk sebagai kurikulum wajib.

Sebagai cabang khusus, Kolat Seskoal pun mempunyai syarat khusus bagi anggotanya, tentunya anggota adalah personel TNI yang menuntut ilmu di Seskoal. Dan syarat yang utama menurut Danseskoal, adalah kemauan, niat yang tinggi, serta fisik yang bugar.linda.

Leave a Reply