Menteri Susi Ajak Masyarakat Cinta dan Jaga Laut

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak masyarakat cinta dan jaga laut kita, untuk itu institusinya bakal menggelar bhakti sosial Agustus mendatang. Menurutnya menjaga dan mencintai laut dimulai dari keluarga dan diri sendiri, katena itu ia meminta semua pihak menularkan kecintaan terhadap laut ke keluarga masing-masing.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebelum menduduki jabatan Menteri dirinya sudah mencintai laut, bahkan ia terjun ke bisnis hasil laut terutama ikan segar. Saking cintainya dengan laut Susi kala itu mencari tahu kenapa pasokan ikan dalam negeri kian hari makin berkurang. Begitu ia menjabat Menteri penyebab berkurangnya pasokan ikan akibat banyaknya kapal asing berada di laut Indonesia.

Guna mengantispasi hal itu, akhirnya ia membuat kebijakan bagaimana menjaga dan melestarikan keberlangsungan kehidupan di laut di dengan mengeluarkan kebijakan penenggelaman kapal pelaku illegal fishing. Bahkan kebijakan tersebut dinilai efektif mengusir kapal-kapal perompak biota laut Indonesia.

Sementara terkait konsumsi hewan laut yang dilindungi, Susi tak menampik bahwa dirinya pernah ikut “membantai” Hiu dengan cara mengkonsumsi sup sirip hiu yang bahan bakunya menjadi primadona para pemburu Hiu.

“Mencintai dan menjaga laut itu dari keluarga, dulu masakan favorit saya dan keluarga soup shark fin, saat saya ingin memesan hidangan itu cucu saya membisikan bahwa Hiu hewan yang dilindungi. Pengetahuan cucu saya itu, ia dapat dari sekolah dan ditulari ke saya”, kilahnya saat menjadi keynote speaker di acara sarasehan jaga dan cinta laut kita, di KKP, Jakarta.

Dari situlah, kini Menteri yang gemar hidangan laut ini berhenti mengkonsumsi sup sirip Hiu, dan ia bertekad menularkan pemahaman yang keliru tentang khasiat sirip Hiu bagi tubuh kita. Untuk ia mengajak penggemar sirip hiu berhenti mengkonsumsi hewan tersebut, dan ia masih mencari formula yang tepat untuk pengusaha agar berhenti memperdagangkan Hiu.

Sedangkan mengenai bhakti sosial membersihkan pantai, rencananya kegiatan itu akan digelar tanggal 16 Agustus nanti. Selain di Jakarta menurutnya, semua pemangku kepentingan terhadap kelestarian laut akan bergerak serempak membersihkan pantai di wilayahnya masing-masing di hari yang sama.linda.

Leave a Reply