Mabesal Sosialisasikan Doktrin TNI AL Jalesveva Jayamahe

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal, Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M., membuka kegiatan Sosialisasi Doktrin TNI Angkatan Laut Jalesveva Jayamahe 2018, yang dihadiri perwakilan Perwira dari seluruh Kotama TNI AL se-Indonesia, bertempat di Gedung Auditorium Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur.

Asrena Kasal menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini agar tercapai kesamaan persepsi, keseragaman sikap dan keselerasan dalam konteks penggunaan dan pembinaan kekuatan TNI Angkatan Laut maupun TNI, dalam rangka mendukung pencapaian tujuan nasional. Naskah doktrin TNI Angkatan Laut ini sudah disahkan oleh Panglima TNI dengan Surat Keputusan Nomor Kep/503/V/2018 tanggal 22 Mei 2018 tentang doktrin Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut Jalesveva Jayamahe.

Doktrin Jalesveva Jayamahe diilhami oleh kejayaan bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari. Hal ini yang mendasari jati diri dan kebanggaan prajurit laut sebagai komponen utama pertahanan dan keamanan di laut. Doktrin ini menjelaskan bagaimana TNI Angkatan Laut dengan konsep Trinitas Universalnya melaksanakan military role dalam bentuk pengendalian laut dan proyeksi kekuatan, constabulary role dalam rangka melindungi kepentingan nasional dan penegakan hukum di laut, serta diplomacy role dalam mendukung kebijakan luar negeri pemerintah.

Seiring perkembangan teknologi dan dinamika lingkungan strategis, maka perlu dilakukan penyesuaian terhadap doktrin “Eka Sasana Jaya”. “Globalisasi yang mendorong perubahan konflik, peningkatan daya hancur senjata, kecanggihan sistem kendali, serta musuh yang membaur dan tidak terlihat, tentu mengubah cara-cara bertempur, serta cara-cara dalam melaksanakan tugas-tugas TNI AL agar lebih efektif dan efisien, karena doktrin “Jalesveva Jayamahe” merupakan bentuk revisi doktrin “Eka Sasana Jaya” yang disusun untuk memenuhi tuntutan perkembangan zaman”, kata Asrena Kasal.

Disamping sosialisasi doktrin TNI AL Jalesveva Jayamahe yang disampaikan oleh Direktur Doktrin (Dirdok) Kodiklatal Laksma TNI Budi Purwanto, S.T., M.M., seluruh peserta yang hadir juga menerima sosialisasi doktrin TNI Tri Dharma Eka Dharma (Tridek) dan Petunjuk Referensif (Jukref) Stratifikasi doktrin di lingkungan TNI yang disampaikan oleh Dirdok Kodiklat TNI Laksma Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., beserta tim.

Hadir dalam acara tersebut, Wadan Kodiklat TNI Marsma TNI Ismet Ismaya Saleh, Waasrena Kasal Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo dan para Kadis jajaran Mabesal.dispenal/linda.

Leave a Reply