Lantamal IX Ambon Sosialisasi Metode Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Jajaran Koarmada III

Matra

Ambon, inspiras1nusantara, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX melaksanakan Sosialisasi Metode Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran di Jajaran Koarmada III TA. 2019. Selaku narasumber Kepala KPPN Ambon M. Irfan Suryawardana, kegiatan dilaksanakan di Gedung Manggalaloka Lantamal IX Ambon.
Kepala KPPN Ambon menyampaikan Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) sebagai alat monitoring dan evaluasi atas pengelolaan anggaran pada K/L melalui 12 indikator kinerja telah berhasil mendorong peningkatan tata kelola pelaksanaan anggaran. Pada tahun 2019, formulasi IKPA perlu disempurnakan dalam rangka meningkatkan relevansi transaksi keuangan, kedisiplinan dan ketaatan satker, serta upaya simplifikasi pelaksanaan anggaran.
Terdapat hal-hal yang disempurnakan pada perhitungan IKPA yakni realisasi anggaran, kepatuhan UP/ GUP/ TUP, kepatuhan kontrak, dan penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) tepat waktu.
Dalam amanat Pangkoarmada III Laksda TNI I N. G. Ariawan, S. E., M. M. yang dibacakan Ketua Tim Wasrik Inspektorat Armada III Kolonel Laut (T) Sandhy Rodeman Aipassa, S.E., menyampaikan bahwa sasaran sosialisasi diarahkan pada pemahaman mekanisme pelaksanaan anggaran pada personel militer maupun PNS di tiap-tiap satker.
Lebih lanjut dikatakan, mekanisme pengelolaan anggaran Pada tahun 2019, formulasi IKPA perlu disempurnakan dalam rangka meningkatkan relevansi transaksi keuangan, kedisiplinan dan ketaatan satker, serta upaya simplifikasi pelaksanaan anggaran.
Pada kesempatan tersebut Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang menekankan kepada seluruh prajurit yang bertugas sebagai juru bayar dan pembuat PJK Satker dapat memahami apa yang disampaikan oleh Kepala KPPN Ambon dan dapat dijadikan bekal sehingga pelaksanaan anggaran ke dapan dapat berjalan dengan lancar.
“Kepada seluruh prajurit supaya dapat mengikuti acara secara aktif dan serius hingga tuntas. Silakan bapak-ibu bertanya hal-hal yang kurang jelas dan menjadi kendala pelaksanaan anggaran selama ini” Ujar, Danlantamal IX.
Hadir dalam kegiatan Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Supriyono, Para Asisten Danlantamal IX, Dansatrol Lantamal IX, Tim Wasrik Inspektorat Armada III, Para Kasatker Lantamal IX, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal IX.penlantamal/linda.

Leave a Reply