Lanal Tanjung Balai Karimun Gelar Perjusami dan Pelantikan Saka Bahari Angkatan IX

Matra

Tanjung Balai Karimun, inspiras1nusantara, Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro S.E,. M.Tr.Hanla membuka kegiatan Perjusami dan Melantik Anggota Saka Bahari Lanal Tanjung Balai Karimun Angkatan IX Tahun 2019 bertempat di Lapangan Sepakbola PT. Kic, Teluk Paku Meral Barat, Kabupaten Karimun.

Usai Upacara Pembukaan, dilanjutkan foto bersama dan peninjauan Perkemahan oleh Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun diikuti para undangan diantaranya Kwartir Cabang Karimun, Kwartir Ranting Tebing, Kwartir Ranting Meral, Kwartir Ranting Tanjung Balai Kota, Saka Bhayangkara, Camat Meral, Prajurit Lanal Tanjung Balai Karimun, Pembina Saka Bahari, Dewan Saka Bahari, dan Peserta Perjusami.

Kegiatan Perjusami Saka Bahari Lanal Tanjung Balai Karimun dilaksanakan selama 3 hari tanggal 18 sampai 20 Januari 2019 dengan berbagai kegiatan diantaranya materi Saka Bahari, Hiking, LCC Pramuka, Krida Saka Bahari, Api Unggun, Jurit Malam, Peran Tempur, Materi Dayung Perahu Karet, Nasi Komando, Praktek Mendayung Perahu Karet.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya pelantikan Anggota Saka Bahari ini diharapkan dapat menghasilkan bibit dan generasi bahari yang berkompeten di Kabupaten Karimun ini, menghasilkan generasi muda bahari yang mampu mengenal wilayah perairan dan laut Indonesia, serta dijadikan sebagai kekuatan pengganda untuk pertahanan negara Republik Indonesia.

Dihadapkan kepada kecenderungan perkembangan lingkungan strategik yang penuh dengan tantangan, tugas kita ke depan akan semakin berat dan kompleks. Untuk itu perlu disadari bahwa tugas dan kewajiban kita untuk mempertahankan integritas bangsa dan negara, sekaligus untuk memelihara stabilitas keamanan laut dan menjaga kepentingan nasional di dan atau lewat laut perlu ditingkatkan. Dengan demikian, kita harus tanamkan terus ke dalam jiwa sanubari kita, agar memiliki motivasi dan semangat pengabdian yang tinggi, bahwa dimanapun kita berada didalam wilayah NKRI, terkandung suatu kebanggaan karena secara langsung ataupun tidak langsung kita ikut berperan dalam upaya mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara. Oleh karena itu, semoga kegiatan Perjusami dan Pelantikan Pramuka Saka Bahari Lanal Tanjung Balai Karimun Angkatan IX Tahun 2019 ini dapat menjadi motivasi dan semangat bagi generasi para pemuda khususnya Pramuka Saka Bahari.

Kegiatan diakhiri dengan Upacara Penutupan Perjusami dan Pelantikan Anggota Saka Bahari Lanal Tanjung Balai Karimun Angkatan IX Tahun 2019 sebanyak 60 peserta terdiri dari 25 peserta putra dan 35 peserta putri oleh Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro S.E,. M.Tr.Hanla.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pgs. Paspotmar Lanal Tanjung Balai Karimun Letda Laut (P) Hendriyono, Anggota Lanal Tanjung Balai Karimun, Istruktur Muda Saka Bahari, Dewan Saka Bahari, Peserta Perjusami Saka Bahari Lanal Tanjung Balai Karimun.penarmada1/linda.

Leave a Reply