KRI Rigel-933 Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia, Pulau Sekatung

Matra

Sekatung, inspiras1nusantara, Dalam rangka HUT ke-76 TNI, Kapal perang TNI AL di bawah pembinaan Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) melakukan pengibaran bendera Merah Putih di pulau terluar Indonesia, Pulau Sekatung, Natuna Utara.

Personil KRI Rigel-933 di bawah komandan Letkol Laut (P) Jaenal Mutakim yang saat ini sedang melaksanakan tugas operasi survei dan pemetaan hidro-oseanografi di Laut Natuna Utara, melaksanakan misi khusus pengibaran bendera Merah Putih dan pengecekan titik TR 030 di Pulau Sekatung serta menyerahkan bantuan sosial di pulau tersebut.

Kegiatan tersebut sesuai dengan arahan Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar KRI yang tengah melaksanakan operasi untuk hadir dan singgah di pulau-pulau kecil dan terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Pulau Sekatung merupakan pulau yang tidak berpenghuni yang berada di utara pulau Laut, dipisahkan oleh Selat Setakong dengan lebar sekitar 40 meter. Pulau sekatung yang berada di ujung utara Indonesia dan garis terdepan nusantara ini di jaga oleh 10 personil Marinir dan 10 personil TNI AD, mereka ditempatkan di pulau sekatung selama 10 bulan sebelum digantikan personil lainnya.

Pengibaran bendera Merah Putih dimulai setelah melewati waktu ± 10 jam saat kapal bertolak dari dermaga Posal Sabang Mawang dan embarkasi personel survei di Teluk Sengiap. Tepat berada di sebelah timur Pulau Sekatung, KRI Rigel-933 melaksanakan lego jangkar di sekitar pulau Sekatung pada posisi 0447’.574”U, 10801’.603” T dengan jarak 2 Nm. Selanjutnya dengan dibantu oleh Tim Satgas Marinir menuju lokasi menggunakan rubber boat Marinir, yang ditempuh dalam 15 menit menuju pulau Sekatung.

Personil KRI Rigel-933 dibagi menjadi dua tim, satu tim melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih dan 1 tim melaksanakan pengecekan titik TR 030. Perjalanan yang dilalui dari pantai menuju lokasi terdapat banyak halangan, di antaranya terdapat banyak pohon lebat dan rimbun serta akses jalan yang terjal. Setiba di lokasi, personil yang terlibat menyiapkan alat-alat untuk pengibaran bendera termasuk menaiki tiang suar Pulau Sekatung. Setelah semua persiapan dilakukan, dilanjutkan upacara penaikan bendera Merah Putih, yang dipimpin oleh Inspektur Upacara Komandan KRI Rigel-933. Pelaksanaan upacara penaikan bendera merah putih dan pengecekan titik TR di pulau sekatung berjalan dengan baik.

Setelah pengibaran bendera, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sosial kepada Komandan Peleton Marinir Letda Mar Raymound. Setelah Pelaksanaan Pengibaran bendera Merah Putih, pengecekan TR 030 dan penyerahan bansos selesai dilaksanakan, seluruh personil KRI Rigel-933 kembali ke kapal, guna melaksanakan tugas operasi survei dan pemetaan hidro-oseanografi di perairan Laut Natuna Utara.penhidrosal/linda.

Leave a Reply