KRI Albakora Tiba, Kasal : TNI AL Bangga Produk dalam Negeri

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, TNI Angkatan Laut mengganti alat utama sistem persenjataan (Alutsista), kali ini persenjataan yang diperbarui kapal cepat untuk patroli yang akan digunakan Komando Armada (Koarmada) III. Kedatangan KRI Albakora-867 di dermaga pelabuhan Sunda Kelapa disambut Kasal, sekaligus mengukuhkan Komandan kapal.

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan, peremajaan kapal milik TNI AL difungsikan untuk memperkuat Lantamal guna menegakan kedaulatan dan hukum di laut. Kapal ini produksi dalam negeri, dan TNI AL bangga dan percaya dengan buatan dalam negeri untuk pelaksanaan tugas penegakan hukum di laut.

“Produksi dalam negeri membanggakan TNI AL, karena kita mulai menggunakan produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan alutsista untuk TNI Angkatan Laut khususnya”, ungkap Kasal usai peresmian KRI Albakora masuk jajaran TNI AL, di demaga Batavia, Sunda Kelapa, Jakarta.

Menurutnya, peremajaan ini adalh untuk mengganti kapal-kapal yang usianya diatas 30 tahun dan kapal fiber, nantinya setiap Pangkalan Utama AL (Lantamal) akan memperoleh tiga kapal. Mulai dari Lantamal di Sumateta Utara hingga Lantamal di Marauke, Papua guna menjalankan tugas di kawasan masing-masing.

KRI Albaroka merupakan produksi PT Calputra Mitra Sejati, memiliki dok di Banten, kapal produksi mereka adalah jenis kapal patroli cepatPC-40. Memiliki panjang 45.5 meter, lebar 7.9 meter, dan berbobot 220 ton, sementara kecepatan maksimal 25.5 knot, kecepatan jelajah 18 knot, kecepatan ekononis 15 knot.

Kasal mengatakan, keberhasilan membangun kapal PC-40 merupakan wujud peran TNI AL dalam memberdayakan kemampuan industri dalam negeri, guna mengurangi ketergantungan terhadap produk asing. Keberhasilan ini juga merupakan salah satu solusi konkrit bagi komite kebijakan industri pertahanan (KKIP) dalam mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait dengan pengadaan alutsista TNI AL di masa mendatang.apr.

Leave a Reply