Kotak Hitam Sriwijaya Air Ditemukan

Home

Jakarta, inspiras1nusantara, Upaya tim gabungan mencari kotak hitam Sriwijaya Air SJ 182 membuahkan hasil di hari ketiga pasca jatuhnya pesawat tersebut di perairan pulau Seribu. Tim Dislambair TNI berhasil menemukan benda tersebut di kedalaman 25 meter dari permukaan laut, di posisi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, ia menperoleh informasi dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) bahwa telah ditemukan FDR. Selanjutnya, Tim Penyelam masih akan terus mencari bagian lain dari Black Box yaitu Cockpit Voice Recorder (CVR), jenazah korban, dan potongan bagian pesawat.

Dikatakan, operasi pencarian belum selesai, tim akan terus melakukan pencarian baik jenazah, maupun bagian pesawat lainnya dalam rangka melengkapi data yang diperlukan DVI Polri dan KNKT. “Dengan kerja yang profesional dan dengan didukung alat yang mumpuni, bagian lainnya akan segera dapat kita temukan,” tambahnya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto jelaskan penemuan kotak hitam Sriwijaya Air SJ 182, di Jakarta.foto:linda herawati.

Sementara Kepala Basarnas Bagus Puruhito mengatakan, pada hari ini telah ditemukan kembali 24 kantong jenazah dan 1 kantong berisi partikel dari pesawat. Kedepannya, kami akan terus meminta dukungan dari TNI, POLRI, dan instansi terkait lainnya agar pencarian dapat tetap berjalan lancar dan dituntaskan dengan baik.

Sedangkan, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, dengan ditemukannya FDR, maka KNKT dapat segera melakukan pembacaan data yang akan memakan waktu 2-5 hari.

“Semoga dapat segera mengungkap apa yang menjadi penyebab kecelakaan dari pesawat ini dan menjadi pembelajaran agar kejadian ini tidak terulang lagi kedepannya. Karena tujuan investigasi dari KNKT adalah untuk meningkatkan keselamatan,” ungkap Soerjanto.linda.

Leave a Reply