KKP Kembali Tangkap Dua kapal Ikan Asing

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menangkap kapal ikan asing. Nilantor Prabowo mengatakan, Mereka memasang rumpon di perairan kita setiap beberapa bulan sekali mereka kembali untuk mengambil hasilnya.

Demikian dikatakan, Plt Dirjen PSDKP, saat member keterangan pada media, di gedung KKP, Jakarta. Menurutnya, saat ditangkap dua kapal asing itu tidak membawa hasil tangkapan, namun rumpon atau tampon masih terhubung di kapal tersebut. Jadi kerugian akibat pencurian itu belum bisa disebutkan.

Menurutnya, kapal ikan asing ini tidak menebar jarring, memasang rumpon dengan umpan ikan kecil. Ia katakan, ikan kecil itulah nanti jadi umpan ikan yang lebih besar, dan lebih bear lagi, sehingga di rumpon itu selama beberapa bulan akan menghasilkan ikan besar, seperti Tuna.

“Rumpon itu diasang secara illegal di laut Sulawesi dengan tujuan sebagai alat pengumpan ikan, sehingga kapal illegal dengan mudah menangkap ikan dalam jumlah yang banyak”, tegasnya.

Dijelaskan, dua kapal yang ditangkap berbendera Filipina, saat dilakukan pemeriksaan oleh KP. Hiu Macan Tutul 001, kedua kapal tak bisa menunjukan dokumen perijinan untuk melakukan penangkapan ikan dari pemerintah, sehingga kapal dibawah ke pangkalan PSDKP Blitung.

Kapal itu diduga melanggar Undang-Undang NOmor 31 tahun 2004 tentang perikanan yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 45 tahun 2009, dengan ancaman pidana selama enam tahun dan denda sebesar 20 miliar.linda.

Leave a Reply