Ketua Korcab IX DJA III Luncurkan Buku Pesona Keindahan Bawah Laut Negeri Raja-raja

Matra

Ambon, inspiras1nusantara, Keindahan kehidupan bawah laut merupakan salah satu daya tarik pariwisata dunia. Para pegiat pariwisata bahari di dunia mengatakan bahwa taman laut nan indah di perairan nusantara sebagai “Sekeping Surga Jatuh Ke Bumi”, tergugah dari hal tersebut Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Laura Esmiralda Soureka meluncurkan buku “Pesona Keindahan Bawah Laut Negeri Raja – Raja”. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Manggala Loka Lantamal IX.

Dalam sambutan Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang menyampaikan bahwa saya menyambut baik dengan diadakannya peluncuran buku “Pesona Keindahan Bawah Laut Negeri Raja – Raja”, diharapkan dengan terbitnya buku ini dapat berkontribusi untuk menggalakkan promosi pariwisata bahari di Provinsi Maluku. Wisata bahari, khusunya taman laut yang tersebar itu merupakan salah satu kekuatan pariwisata, karena tiga perempat wilyah Indonesia adalah maritim dengan kekayaan laut yang memiliki ragam keindahan panorama.

Selain itu, pembangunan wisata bahari dibagi menjadi tiga bidang yakni “Coastal Zonie” atau wisata bentang pantai, “Sea Zone” atau wisata laut yang bergerak dari satu pulau ke pulau lainnya, dan “Underwater” yaitu melalui wisata bawah laut seperti diving dan snorkeling. Pengelolaan sumberdaya kelautan tidak akan pernah terlepas dari fungsi konservasinya, bahkan konservasi telah diyakini sebagai upaya penting yang mampu menyelamatkan potensi sumberdaya alam tetap tersedia dalam mewujudkan perikehidupan lestari yang menyejahterakan.

Pengelolaan secara efektif kawasan konservasi perairan pesisir dan pulau – pulau kecil sejalan dengan prinsip – prinsip ekonomi, mampu memberikan jaminan dalam efisiensi penmanfaatan sumberdaya alam, sebagai sumber yang efektif menyokong pemanfaatan lain secara ramah lingkungan serta dapat menumbuhkan keuntungan ekonomi bagi masyarakat lokal.

Lebih lanjut dikatakan, buku “Pesona Keindahan Bawah Laut Negeri Raja – Raja” yang menyajikan potensi wisata bahari Provinsi Maluku diterbitkan disamping memperkenalkan Maluku kepada dunia, juga untuk menambah wawasan informasi pembaca. Semoga ulasan singkat buku ini mampu memberikan gambaran dalam mengelola konservasi guna melindungi, melestarikan dan memanfaatkan secara berkelanjutan karunia keindahan bentangan alam dan terumbu karang beserta potensi wisata bahari di Provinsi Maluku.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Maluku Hamin Bin Thahir membacakan Amanat Gubernur Maluku Ir. Said Assgaff yakni Maluku adalah salah satu Provinsi yang memiliki garis pantai terpanjang di Indonesia, peluncuran buku tentunya sangat penting bagi kita semua dan akan jadi media wisata bahari, menjadikan panduan bagi wisata alam yang bepijak dan bertumpu pada laut Maluku. Saya perwakilan dari masyarakat Maluku mengucapkan terimaksih kepada Ibu Laura Esmiralda Soureka atas peluncuran buku dengan judul buku “Pesona Keindahan Bawah Laut Negeri Raja – Raja” ini dapat menjadi pedoman dan bagi pemuda pemudi penerus Porvinsi Maluku. Marilah kita wujutkan cita dan kerja nyata untuk pembangunan Maluku yang kita cintai ini, dengan Muncul nya buku ini tentunya sangat mendalam dan bisa mendorong parawisata untuk datang menikmati keindahan wisata bawah laut di maluku ini.

Hadir dalam kegiatan Pa Ahli Kodam XVI/PTM, Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Supriyono,Dir Narkoba Polda Maluku, Kepala Bakorkamla Zona Maritim Timur, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Prov. Maluku, Kepala KSOP, Ketua ISO,Kepala Bagian TU, Bea Cukai,Kaops Bin Provinsi Maluku, Para Asisten Danlantamal IX, Para Asisten Danguspurla Armada III, Kadisops Lanud PTM, Kasiops Basarnas, Kabid Destinasi Parawisata Provinsi Maluku, Kabid Pemasaran dinas Parawisata Provinsi Maluku, Ketua KONI Ambon, Ketua KKP, Para Kadis/Kasatker Lantamal IX serta para tamu undangan.penlantamal/linda.

Leave a Reply