Kepala Bakamla Ikut Webinar Australian Defence Strategic Update

Megapolitan

Jakarta, inspiras1nusantara, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., mengikuti Webinar (Semeniar melalui Web) via daring yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia-Australia (IKAHAN) di ruang kerja Kepala Bakamla RI, Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta.

Webinar yang mengusung tema “Australian Defence Strategic Update 2020” juga diikuti Direktur Kebijakan Laksma Bakamla Samuel Kowaas, Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Retiono, Kasubdit Kerja sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama dan ratusan partisipan dari Indonesia maupun Australia.

Narasumber pada acara tersebut ialah First Assistant Secretary International Policy Division Australian Department of Defence Mr. Hugh Jeffrey dan sebagai host Webinar Atase Udara Australia Kolonel Cal Harrison.

Acara ini membahas tentang strategi pemerintah Australia 2020 dalam perencanaan pertahanan, termasuk susunan kekuatan, pembaharuan kekuatan, kerja sama international dan operasi militer dalam menghadapi perubahan strategis luar biasa sejak Perang Dunia Kedua dan persaingan perdagangan antara Amerika Serikat dan China.

Dikatakan pula, pembaharuan strategi pemerintah Australia 2020 juga dilandasi oleh kegiatan yang terjadi di zona abu-abu seperti penggunaan kemampuan pasukan milisi para militer dan pengaruh ekonomi serta ancaman terhadap keamanan manusia dari pandemi Covid-19 dan bencana alam.

Disadari Mr. Hugh Jeffrey, bahwa dalam menjaga keamanan kawasan Indo Pasifik, kerja sama dengan Indonesia sangatlah penting karena Indonesia merupakan mitra strategis di kawasan Indo Pasifik. Selain itu juga Australia akan menjadi lebih mampu dan meningkatkan interoperabilitas bersama Indonesia dalam rangka mendukung kepentingan keamanan masing-masing, termasuk peran ASEAN terhadap keamanan regional.

Saat ini, kerja sama Indonesia Australia yang sudah terjalin diantarannya bidang latihan bersama dan penanggulangan bencana alam, kerja sama Maritime Domain Awareness (MDA) dan keamanan maritime, kerja sama Kopassus sebagai bagian tanggapan kontra terorisme, kerja sama siber militer dan industri pertahanan serta pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM).

Di akhir kegiatan, setiap pertanyaan dari partisipan webinar ditulis dalam kotak chat dan langsung ditanggapi oleh Mr. Hugh Jeffrey selaku narasumber dan Captain Cal Harrison.humas/linda.

Leave a Reply