Kasal Beri Kuliah Umum di Unhan

Matra

Sentul, inspiras1nusantara, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memberikan kuliah umum di Kampus Bela Negara Universitas Pertahanan bertempat di Auditorium Universitas Pertahanan, Sentul, Jawa Barat.

Kehadiran orang nomor satu di Angkatan Laut tersebut disambut oleh Rektor Universitas Pertahanan Letnan Jenderal (Letjen) TNI Dr. Tri Legionosuko, S.IP., M.A.P., serta mahasiswa Universitas Pertahanan sejumlah 268 yang sedang menyelesaikan pendidikan pasca sarjana (S2). Para mahasiswa Unhan sangat antusias sekali dalam menerima kuliah umum yang diberikan Kasal, hal ini terlihat pada seksi diskusi dan tanya jawab.

Kegiatan kuliah umum ini diawali dengan dilaksanakannya penandatanganan kerjasama antara TNI Angkatan Laut dengan Universitas Pertahanan oleh Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksamana Pertama TNI Dr. Ivan Yulivan, S.E., M.M., M.Tr.(Han).

Setelah dilaksanakannya penandatanganan oleh Kadisdikal, dilanjutkan dengan kuliah umum yang diberikan oleh Kasal dengan tema ” Membangun TNI AL yang Profesional dan Modern dalam Mendukung Kebijakan Poros Maritim Dunia”.

Kasal dalam paparannya menyampaikan bahwa TNI Angkatan Laut dalam strategi sistem pertahanan keamanan maritim semesta yakni dengan memanfaatkan seluruh elemen atau komponen bangsa pada domain maritim untuk melakukan pengawasan, pengamatan dan perlindungan terhadap seluruh kepentingan nasional di laut.

“Strategi pembangunan TNI AL diselaraskan dengan lima pilar poros maritim dunia yakni membangun budaya maritim, kedaulatan pangan laut, infrastruktur konektivitas maritim, diplomasi maritim serta pertahanan maritim” ujar Kasal.

Pada kesempatan ini, Rektor Unhan mengucapkan terima kasih kepada Kasal atas kesediaannya memberikan ilmu kepada mahasiswa Unhan. Seusai memberikan kuliah umum dilaksanakan pertukaran cindera mata antara Kasal dengan Rektor Unhan yang disaksikan oleh Wakil Rektor II Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhan Laksda TNI Dr. Ir. Supartono, M.M., Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan Laksda TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc., P.S.C., Dekan Fakultas Keamanan Nasional Unhan Laksda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT., Kadispotmar Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., M. Tr. (Han)., Kadiskumal Laksma TNI Kresno Buntoro, Kadisdikal Laksma TNI Dr. Ivan Yulivan, S.E., M.M., M.Tr.(Han), Kadispenal Laksma TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc., S.c., serta seluruh mahasiswa Universitas Pertahanan.dispenal/linda.

Leave a Reply