Jelang Akhir Periode Pemerintah, Menteri KKP: Masih Banyak PR Belum Selesai

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa jadi hal yang istimewa, seluruh lapisan masyarakat merayakan itu termasuk Menteri Kelautan dan Perikanan. Disela-sela Halal bi Halal ia mengatakan, masih banyak ‘pekerjaan rumah’ pihaknya yang belum selesai terutama pelaporan hasil tangkapan ikan dari kapal penangkap ikan.

Demikian diungkap Susi Pudjiastuti menjawab pertanyaan awak media saat halal bi halal di rumah dinasnya, komplek Widya Chandra, Jakarta. Menurutnya, banyak yang belum diselesaikan seperti illegal fishing belum sepenuhnya selesai, karena sumber mereka terbatas mereka terus datang ke wilayah kita. Lalu di dalam negeri masih banyak yang belum unreported (tak terlapor-red), masalah ekonomi kita unreported kegiatan ekonominya.

“Seperti kapal banyak yang tidak terlaporkan, hasil tangkapannya lebih dari 60 persen tak terlaporkan. Lalu membawa birokrasi yang lebih baik, ini juga belum selesai. Program golden handshake yang direncanakan ini juga belum terlaksanakan, mungkin nanti pak Presiden akan mengesekusi ini”, paparnya.

Dikatakan, program tersebut merupakan merekrut lulusan cum laude pertahun sebanyak 3000 orang, dari PNS yang baru kita masukan 10 persen. Dari 1000 orang kita masukan 300 cum laude untuk memperbaiki kualitas PNS. Dan juga membuat sistem agar PNS yang bagus bisa naik jenjang kariernya.

Ditambahkan, efektifitas program juga masih belum berjalan, dirinya pun mempelajari alur pekerjaan baginya di pemerintahan dan di perusahaan swasta yang selama ini ia kelola ada perbedaan, ritmenya berbeda.

“Ya PR-PR masih banyak, ya kita prioritaskan yang jangka pendek akan kita selesaikan. Penenggelaman kapal pun masih banyak yang belum selesai, karena putusan pengadilan belum inkrah di beberapa tempat, seperti di Batam, Palembang, Bitung, dan Pontianak”, ungkapnya menanggapi pertanyaan awak media mengenai masa periode kepimpinannya yang akan segera berakhir.

Menjawab pertanyaan, jika dirinya kembali memimpin KKP, ia mengungkapkan, bila dirinya masih sehat dan pak Jokowi memberikan kepercayaan penuh dirinya Insyallah siap. Jikalau ia tak lagi menjadi Menteri, ia akan kembali mencari pekerjaan salah satu yang ia inginkan menjadi wartawan media online. “Follower ku sudah banyak, jadi bisa bikin susi.com. kalau jadi youtuber saya gak bisa berakting”, candanya menambahkan.linda.

Leave a Reply