Jalasenastri, Kowal dan Ibu- Ibu PNS Lantamal III Latihan Membatik

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Sebanyak 30 ibu-ibu Lantamal III yang terdiri dari Jalasenastri, Kowal dan PNS (Pegawai Negeri Sipil) dengan pimpinan Ketua Korcab III DJK 1 Ny.Kiki Hendrata meyelenggarakan latihan membatik Shibori (Jumputan) dan Eco Printing di gedung serbaguna Mako Lantamal III Jakarta, Jalan Gunung Sahari No. 02 Ancol Jakarta.

“Seperti namanya, eco printing adalah teknik cetak yang memanfaatkan pewarna alami dan teknik ini prosesnya sederhana, tidak melibatkan mesin atau cairan kimia dan untuk proses pembuatan sendiri terdapat empat tahapan, yang pertama mordanting atau pengolahan kain dengan tujuan agar pori-pori pada kain terbuka dan menyerap warna, kedua yaitu penempelan materi dan materi yang di tempelkan merupakan daun-daunan, bisa menggunakan daun jati, daun johar, daun ketepeng dan daun lanang”.

“Daun atau bunga ditata diselembar kain setelah digulung di sekeliling batang kayu, setelah di tempelkan, tidak lupa di tekan dengan menggunakan pipa, penekanan ini harus hati-hati agar daun tidak hancur tidak lupa untuk di jemur agar semakin terikat setelah itu dilanjutkan proses pengkukusan dengan waktu sekitar tiga jam, setelah itu dilakukan pencucian dengan menggunakan air tawas.”

“Kemudian jika ingin dilakukan pewarnaan, lakukan lagi teknik penguncian agar warna daunnya lebih menonjol dengan cara menggabungkan dengan kain yang memiliki warna yang di inginkan dan lakukan pengkukusan lagi.’ Ucap Ny. Arif selaku instruktur batik.

Pada kesempatan tersebut juga di praktekan cara membuat batik Jumputan atau Shibori dengan arahan Ny. Sugianto kepada para ibu-ibu Jalasenastri, Kowal dan ibu-ibu PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan sambutan dari Ketua Korcab III DJK 1 Ny. Kiki Hendrata selaku penyelenggara kegiatan tersebut

Hadir pada acara tersebut Komandan Lantamal III Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata, S.E.,M.M. Wadan Lantamal III, Asrena Danlantamal III, Dandenma Lantamal III.penlantamal/linda.

Leave a Reply