Interaksi Langsung, Satgas TMMD Ke-101 Tinggal di Rumah Warga

Matra

Muna Barat, inspiras1nusantara, Program TMMD Ke-101 berlangsung selama kurang lebih satu bulan, selama menjalankan program itu prajurit TNI yang terlibat tinggal di rumah-rumah warga. Hal itu, untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga mudah berinteraksi dan bisa merasakan permasalahan serta kendala yang dihadapi warga.

Tinggal di rumah warga merupakan program TMMD sejak program ini dikenal dengan istilah AMD (ABRI Masuk Desa) disebut dengan istilah Kelurga Asuh. Dimanapun TMMD berlangsung, prajurit yang terlibat diharuskan tinggal di rumah warga dari awal hingga penyelesaian semua sasaran selesai dikerjakan, atau TMMD berakhir.

“Program keluarga asuh TMMD merupakan tindak lanjut dari perintah komando atas demi lebih mengenali kehidupan dan kendala yang dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di daerah, sehingga diharapkan personil satgas mampu memberikan solusi dan membantu mengatasi kendala ataupun kesulitan yang dirasakan oleh masyarakat” kata Dansatgas TMMD Letkol Inf Idris Hasan melalui sambungan selulernya.

Meski sebulan penuh anggota Satgas TMMD tinggal di rumah warga, namun mereka tidak memberatkan keluarga yang ditumpangi. Karena setiap personel yang punya keluarga asuh dibekali uang lauk pauk, yang dipergunakan untuk makan bersama seluruh keluarga tanpa terkecuali.

Dansatgas menjelaskan, program ini tidak akan memberatkan masyarakat karena personil satgas sudah dibekali uang makan jadi uang itu harus diberikan kepada masyarakat yang rumahnya ditinggali oleh mereka.

“Personil satgas dibagi menjadi beberapa kelompok yang tinggal bersama masyarakat di dekat lokasi sasaran pekerjaan, dan kelompok itu terdiri dari tiga sampai lima orang sehingga tidak memberatkan dan merepotkan tuan rumah, untuk makannya mereka sudah dibekali sehingga mereka bisa masak bersama tuan rumah,” jelas Letkol Idris.

Perlu diketahui untuk program keluarga asuh ini sesuai dengan arahan dan petunjuk komando atas harus terdata sesuai dengan keadaan dilapangan dan dilaporkan sesuai KTP dan KK keluarga asuh, ini semua dihimpun dan dilaporkan ke komando atas dalam hal ini Mabes TNI.

“Semua keluarga asuh TMMD nantinya akan diberikan Kartu Keluarga Asuh TMMD sebagai apresiasi dan bukti kebersamaan yang terjalin selama ini,” pungkas Dansatgas TMMD 101 Muna Barat Kodim 1416/Muna.penrem143/apr.

Leave a Reply