Industri 4.0, Dirjen PB: Pembudidaya Jangan Takut Kalah Bersaing

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Memasuki era industri 4.0, Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar pameran produk ikan olahan se-Asia di JI Expo, Kemayoran. Menurut Dirjen PB, dengan adanya industri 4.0 pembudidaya tidak harus kalah bersaing, malah harus meningkatkan kepastian produknya dan menerapkan sistem yang di bakukan agar menjamin budidayanya untuk berhasil.

Hal itu diungkap Slamet Soebjakto Dirjen PB, usai membuka pameran dan berkeliling ke stand-stand peserta pameran. Menurutnya, selain itu, era industri 4.0 merupakan peluang yang bagus, akan market dan permintaan akan tinggi. Hal itu mendorong pembudidaya bergairah untuk membudidayakan karena permintaan tinggi.

“Dengan kehadiran industri 4.0, ini justru membuat pasar atau produk yang dijual tidak rendah, karena ini akan mengurangi tata niaga yang panjang. Sehingga memberikan nilai yang tinggi, dan bagi pembelinya juga dapat harga yang murah”, tandasnya.

Dikatakan, industri 4.0 ini baru awal, meski demikian pengusaha dan pembudidaya di Indonesia sudah ada dan mulai tumbuh. Selain ada juga start up dimana para pemuda-pemuda juga melihat dan mereka membuat sistem pelatihan dan sistem budidayanya. Mereka juga memilih pembudidaya yang siap dan yang mempunyai faktor kegagalan yang kecil.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto membuka pameran.foto:linda herawati.

“Industri 4.0 juga membuat pembudidaya bersaing secara postif untuk ke arah sana (industri 4.0-red). Memasuki industri ini orang melihat juga dari sisi keuntungan, menurut saya udang siap Teknologinya, peralatannya, sarananya termasuk tata niaga pemasarannya”, kilahnya.

Ditambahkan, selain udang, industri yang siap adalah produk yang punya nilai jual tinggi seperti Patin, dan ini akan mendorong lainnya. Menurutnya, jenis biota laut lain yang akan digenjot yaitu rumput laut. Kita punya potensi luar biasa disini, dan harga rumput laut pun tinggi.

Ia katakan, nantinya semua komoditas hasil budidaya masuk industri 4.0, apalagi ada peningkatan konsumsi makan ikan serta peningkatan ekspor yang luar biasa. Dan pihaknya akan mendorong ke arah sana. Serta mendorong peningkatan keamanan produk, hal itu Dirjen PB akan terus mendampingi pembudidaya agar produk mereka memiliki kualitas yang bagus dan pemesan tak kwatir dengan hasil budidaya karena semua tersertifikat.linda.

Leave a Reply