HUT Ke-59 Kostrad, Kedepankan Kegiatan Sosial dan Ikut Terlibat Observasi Virus Korona

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Pasukan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) merayakan Hari Jadi-nya yang Ke-59, perayaan itu diisi dengan bhakti sosial berupa donor darah, kesehatan gratis untuk masyarakat, pemberian sembako, renovasi fasilitas umum, hingga terlibat dalam observasi WNI dari Wuhan dan dari dua kapal pesiar.

Hal itu diungkap Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan S.H., M.Tr (Han), usai upacara peringatan HUT Ke-59 Kostrad, di Mako Kostrad, Jakarta. Menurutnya, kegiatan itu dilakukan sebelum perayaan puncak tanggal 5 Februari. Selain bhakti sosial, Kostrad juga menggelar kegiatan olahraga yang melibatkan masyarakat.

“Di ulangtahun ke 59 ini Kostrad lebih mengedepankan kegiatan sosial, beberapa hari lalu 2000 personil Kostrad donor darah, lalu memberikan bantuan sosial,kesehatan gratis, sunatan masal, dan memberikan sembako untuk masyarakat Lebak, Banten”, ungkapbya.

Di puncak peringatan HUT Kostrad, digelar bazar murah untuk warga kostrad dan masyarakat umum. Ada sekitar 70 stand yang menjual aneka kebutuhan, seperti beras, ninyak goreng, telur, hingga perlengkapan sehari-hari, baju, kaos dan celana.

Prajurit dan PNS Kostrad manfaatkan bazar HUT Ke-59 Kostrad, di Mako Kostrad, Jakarta.foto:linda herawati.

Sementara personil Kostrad yang terlibat dalam penanganan virus Korona, menurut Pangkostrad, pihaknya menerjunkan dua batalyon kesehatan, baik di pulau Natuna maupun di pulau Sebaru, kepulauan Seribu.

Dikatakan, personil yang diterjunkan adalah prajurit yang kondisi kesehatannya prima, dan dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan yang sesuai standar agar prajurit yang diterjunkan tidak ikut tertular. Mereka berada di pulau Sebaru selama proses observasi WNI yang belum lama dijemput dari Jepang, personil akan kembali ke Kesatuan jika observasi dinyatakan usai.

Untuk itu, di Hari Jadi Kostrad kali ini, Pangkostrad berharap, Kostrad bersama masyarakat menjadi satu kesatuan yang kuat, kami prajurit Kostrad akan selalu menjaga komitmen menjaga kemampuan dan profesional, apa yang kami lakukan tidak ada apa-apanya jika masyarakat tidak menyertai kita. Sedangkan terkait virus Korona, ia berharap, masyarakat tidak menyebar informasi yang membuat panik masyarakat luas, dan baik warga Kostrad maupun masyarakat mau menjaga kesehatan agar terhindari dari virus. “Kalau kita sehat, virus juga akan mental”, tambahnya menutup pembicaraan.linda.

Leave a Reply