Hakim Kabulkan Pergantian Gender dan Nama Atlet Voli Nasional

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Pergantian status gender dan nama Aprilia Manganang dikabulkan hakim, kini ia menyandang nama Aprilio Perkasa Manganang. Keputusan hakim atas perubahan tersebut atas permintaan pemohon yang diperkuat saksi ahli yang melakukan pemeriksaan fisik maupun organ dalam Manganang yang memang menunjukan dia seorang laki-laki.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Tondano pun menyetujui permohonan Manganang dan mengesahkan pergantian gender sekaligus nama pemohon. Pengadilan jarak jauh, pemohon di Mabesad sementara majelis hakim di Tondano. Disiarkan secara live oleh tv nasional dan disaksikan Kasad Jendral TNI Andika Perkasa didampingi isteri Hetty Andika Perkasa dan jajaran.

Hal pertama yang diucapkan Manganang adalah ucapan syukur dan terimakasih pada semua pihak yang membantu perubahan status tersebut. Terutama dengan Kasad dan isteri yang memberi nama Aprilio Perkasa Manganang,  nama panggilan Lanang dari ibu Andika sementara Perkasa pemberian dari Kasad, seperti nama belakang Jendral bintang empat itu.

Menurut Kasad, pemberian nama Perkasa merupakan gambaran ketangguhan Manganang, yang selama ini dikenal sebagai atlet voli nasional yang banyak prestasinya. Kemampuan dia sebagai atlet nasional sudah tidak diragukan lagi, dan semoga dengan nama baru ini Manganang semakin berprestasi.

Aprilio Perkasa Manganang mendengar putusan hakim PN Tondano, disaksikan Kasad didampingi isteri dan pejabat Mabesad.foto:linda herawati.

Sementara di Satuan militer yang masuk dalam Kecabangan Ajudan Jendral yang lebih banyak terlibat dalam urusan tulis menulis. Nantinya, Kasad bakal menempatkan Lanang di Kesatuan lapangan seperti di Yonbengkang, dimana di Kesatuan itu ada dapur umum. Kemungkinan nanti Manganang ditempatkan di dapur umum.

“Kenapa disana, karena sejak kecil Manganang diajari ibunya memasak, kalau mencari personel baru untuk dapur lapangan kita harus mengajar terlebih dahulu. Tapi Manganang, memasak sudah menjadi bagian dirinya. Memasak keahlian dia selain voli, masakannya pun enak, nanti personel lain bisa belajar masakan Manado dari Lanang. Saya yakin dia bisa menjadi chef hebat kedepannya”, tuturnya.

Sedangkan isteri Kasad mengatakan, dirinya terharu dengan pergantian status Manganang dari wanita ke pria. Sebagai ibu asuh Korps Kowad, ia berharap Manganang makin percaya diri dan makin sukses kedepannya.

Bagi Manganang sendiri, keputusan majelis hakim PN Tondano merupakan masa terindah baginya, dan ia akan memulai babak baru menjalani masa transisi dari wanita ke pria. Sementara pakaian dan aksesoris wanita yang dia miliki akan disimpan sebagai kenangan.linda.

Leave a Reply