Gubernur AAL Terima Kunjungan Tim Studi Banding IPDN

Matra

Surabaya, inspiras1nusantara, Gubernur Akademi Angkatan Laut (Gubernur AAL) Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M. menerima kunjungan kerja tim studi banding Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang dipimpin Kasatmanggala Praja IPDNJatilangor Brigjen Pol M. Zakhlin Leter, S.H.dan Direktur IPDN Kampus Nusa Tenggara Barat Dr. Ir. Hj. Sri Hartati, MP di gedung R. Soebijakto, Mako Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya. Turut hadir dalam menerima kunjungan ini Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, Dirdik AAL Kolonel Laut (P) OC. Budi Susanto, S.H., M.Si, danDirpers AAL Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S.Pd., M.A.P.

Kunjungan ini bertujuan untuk mendapatkan berbagai masukan sekaligusmenimba ilmu pengasuhan yang diterapkan kepada Taruna Taruni AAL sertamengetahui progam-progam pendidikan yang ada di AAL dalam rangka demi peningkatan dan pengembangan penyelenggaraan pendidikan di IPDN sebagai wahana dalam mempersiapkan Praja IPDN sebagai generasi penerus untuk menjadi calon-calon pemimpin pemerintahan yang dapat memenuhi harapan bangsa dan negara.

Sementara itu penyampaian paparan tentang metode belajar di AAL yaitu pengajaran, pelatihan dan pengasuhan (Jarlatsuh) disampaikan oleh Komandan Resimen AAL Kolonel Marinir Umar Farouqdan Kadeppim AAL Kolonel Marinir Binsar P. Nainggolan, S.E. beserta staf di gedung Dewakang, Akademi Angkatan Laut.

Dalam paparan tersebut disampaikan bahwa metode pengajaran merupakan proses pendidikan yang menitik beratkan pada upaya memberikan bekal ilmu pengetahuan kepadaTaruna/Taruni yang dilaksanakan oleh Operasional Pengajaran AAL. Sedangkan metode pelatihan merupakan upaya yangberbentuk aplikasi teori di lapangan untuk memantapkan penguasaan pengetahuanakademik, dengan titik berat pada aspekketerampilan yang dilaksanakan oleh Departemen Prodi dan Departemen terkait seperti Departemen Jasmani dan Departemen Kepemimpinan khususnya Latihan Praktek Lapangan. Sementara itu metode pengasuhan yang dilaksanakan di AAL menggunakan metode Among Asuh yaitu SiIih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh (Sisun Mentor) antara senior dan junior dalam bingkai organisasi Batalyon Campur dibawah pengawasan Perwira Pengasuh Resimen AAL.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemutaran video profil AAL untuk memberi gambaran visual tentang lembaga pendidikan AAL Bumimoro. Usai kegiatan paparan dilanjutkan diskusi dan tanya jawab. Kegiatan kunjungan diakhiri dengan melaksanakan tour facility di komplek AAL untuk melihat dari dekat fasilitas pendidikan yang dimiliki AAL.penaal/linda.

Leave a Reply