First Touch Helly BO 105 Landing di Guskamla Koarmada I

Matra

Batam, inspiras1nusantara, Sebuah Helly jenis BO 105 TNI Angkatan Laut berhasil landing di pelataran lapangan apel Guskamla Koarmada I di Batam. Helly ini akan di standby kan untuk mendukung kegiatan operasional Gugus Keamanan Laut Koarmada I.

Menurut Danguskamla I, Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.T. menyampaikan bahwa dengan adanya Helly BO 105 BKO yang stand by di Guskamla Koarmada I. Maka keuntungan taktis yang didapatkan adalah kecepatan reaksi apabila sewaktu-waktu merespon dinamika daerah operasi karena tidak terganggu antrian penerbangan komersil di bandara umum, kemudian keamanan material Helly yang akan terjaga 24 jam oleh divisi jaga darat, serta terciptanya sinergitas dan kebersamaan antara Crews Helly dengan prajurit Guskamla Koarmada I.

Sebelum pelaksanaan, telah dilaksanakan proses panjang yang dimulai dengan pembenahan dan pemenuhan fasilitas lapangan apel agar memenuhi persyaratan sebagai Helly Pad bagi Helly BO 105. Kemudian penyiapan pelatihan ground Crews baik pemandu Helly, Juru Komunikasi di RKO (Ruang Kendali Operasi) Guskamla Koarmada I dengan Helly, Team PEK dan Helly Deck Officer sebagai pengendali peran Helly serta juga dilaksanakan diskusi dan drill latihan sebelum pelaksanaan Helly Landing.penlantamal/linda.

Leave a Reply