Dislambair Koarmada l Temukan Kotak Hitam

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Keahlian dan profesionalitas prajurit TNI AL dalam upaya pencarian Sriwijaya Air yang jatuh di perairan pulau Seribu dibuktikan, mereka berhasil menemukan kotak hitam pesawat itu guna mengungkap penyebab jatuhnya pesawat rute Jakarta – Pontianak. Kopaska, Denjaka, Yon Taifib dan Dislambair Koarmada l merupakan empat tim yang berusaha mencari kotak hitam, Dislambair lah yang berhasil menemukan benda tersebut.

Empat Satuan TNI AL ini berbagi tugas dalam menemukan kotak hitam, masing-masing Satuan mencari kotak hitam di posisi yang terpisah dan tugas yang berbeda. Menurut Kadislambair Kolonel Laut (T) Wahyudin Arif, kami berbagi sektor dan tugas, Dislambair Koarmada l mendapat tugas membersihkan puing-puing pesawat.

“Di dalam laut banyak puing-puing, kami mulai mengurai satu demi satu dan Alhamdulillah akhirnya kami berhasil menemukan. Saat membersihkan itu kami menemukan serpihan penyimpanan kotak hitam, namun FDR belum ditemukan”, paparnya.

Prajurit Dislambair Koarmada l foto dengan back box penemuanya di JICT, Tanjung Priok, Jakarta.foto:linda herawati.

Dijelaskan, tim penyelam pertama sudah menemukan serpihan penyimpanan kotak hitam, lalu mereka naik ke permukaan dan istirahat. Kemudian tim berikutnya melanjutkan pencarian dan tim ini merupakan tim terakhir yang menyelam. Setelah beberapa menit di dalam laut, akhir tim itulah yang menemukan kotak hitam.

Sementara Mayor (L) Iwan Kurniawan penemu kotak hitam mengatakan, saat ia bersama timnya tengah menyisir puing-puing di kedalaman sekitar 25 meter, dirinya menemukan benda bulat yang menurutnya agak aneh. Lalu ia dekati dan membaca sederet tulisan yang menunjukan benda inilah yang tiga hari ini mereka cari.

Penemuan itupun, ia laporkan ke Atasannya, dan segera mengangkatnya ke permukaan. Empat Satuan TNI AL saling bekerjasama dalam upaya pencarian kotak hitam. Dislambair Koarmada l lebih dulu menemukan benda paling dicari guna mengungkap kecelakaan pesawat tersebut. Masih ada satu benda lagi yang belum ditemukan yaitu alat perekam percakapan di cokpit pesawat. Semoga alat tersebut segera ditemukan dan penyebab kecelakaan bisa diketahui.linda.

Leave a Reply