Dirlat Bakamla Tutup Latihan Bimtek Penanganan Narkoba di Laut

Matra

Batam, inspiras1nusantara, inspiras1nusantara, Direktur Latihan Bakamla RI Laksma TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., secara resmi menutup kegiatan Latihan dan Bimbingan Teknis Penanganan / Pencegahan Penyelundupan Narkoba Tahun 2018, di Hotel Aston Batam, Provinsi Kepri.

Dalam sambutan penutupan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI (Purn) Ari Soedewo, S.E., M.H yang dibacakan oleh Direktur Latihan menyampaikan harapannya agar para peserta Bimtek mampu cepat dan tanggap respon terhadap kemungkinan terjadinya penyelundupan narkoba dan atau rangkaian kegiatan kejahatan di wilayah perairan indonesia.

Harapannya pula agar setelah kegiatan ini para peserta bimtek semakin baik dalam menyamakan dan mensinergikan olah pikir dan olah tindak, secara teknis maupun taktis dari satuan tugas operasional penindakan Bakamla RI dan BNN dalam melaksanakan kegiatan operasi bersama (joint operation) terkait penanganan narkoba di wilayah perairan indonesia. Dikatakannya pula, bahwa melalui kegiatan ini, semakin teruji kesiapan sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta sistem yang dimiliki oleh Bakamla RI dan BNN dalam memerangi narkoba di wilayah perairan Indonesia.

Menurut Kasi Latihan Operasi Udara Maritim Bakamla RI Sahlani, S.T., M.Si., (Han), seluruh peserta pelatihan telah mengikuti rangkaian kegiatan dan acara dengan penuh perhatian, kesungguhan, kritis dan semangat yang tinggi. Baik materi kelas maupun Tactical Floor Game dan manuver lapangan di perairan berjalan dengan lancar.

Lebih lanjut dituturkannya tentang kemampuan para peserta melakukan penanganan terhadap penyelundupan narkoba di laut sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang ada. Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, peserta juga mendapatkan pengetahuan jenis-jenis narkoba, pendeteksian narkoba dan penanganan penyelundupan narkoba.

Acara penutupan Bimtek ditandai dengan penanggalan tanda peserta latihan oleh Dirlat Bakamla RI. Hadir dalam sesi penutupan yaitu Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma TNI Eko Murwanto, Kasubdit Dukopsla Joni Junaidi, Kasubdit Duklat Kolonel Laut (T) Robby Darwin dan Komandan KN Tanjung Datu-1101 AKBP Capt. Nyoto Saptono, S.H., M.Si (Han)., M.Mar. Hadir pula petugas Penindakan BNN Pusat yaitu AKP Heris Setia, Tatang Arena dan AKP Nurhamid, jajaran Bakamla RI di Batam dan para pimpinan stakeholder kemaritiman wilayah Batam antara lain; dari BNN Propinsi Kepri Brigadir Erik ADI wahyu, dan Mayor Laut kadek ary Pambudi, SH, Kanpel Batam Alvon Siregar, Imigrasi Batam Parsinov, Dit polair Ipda Yahya, Basarnas Handrianas, dan dari Alwi dari Dinas Perikanan.humas/linda.

Leave a Reply