Dikepung Pandemi Covid, Koarmada l Tetap Bina Prajurit dengan Latihan Tempur

Home

Jakarta, inspiras1nusantara, Pandemi covid-19 belum juga berakhir namun kesiapsiagaan harus tetap dijaga. Komando Armada l masih terus membina prajuritnya meski virus corona masih menghantui, lewat latihan pendaratan yang melibatkan 1200 prajurit, 8 KRI, 5 pesawat, dan 10 kendaraan tempur.

Kepala Staf Koarmada l Laksma TNI Bambang Irwanto M. Tr.(Han) CHRMP mengatakan, dalam kondisi pandemi covid yang kita utamakan bagaimana Koarmada l mampu membina kemampuan dan kekuatan. Sehingga dalam kondisi apapun Koarmada l mampu dan selalu siap menjalankan tugas pokoknya dalam masa damai atau krisis, apa yang telah diemban Koarmada l tetap melaksanakan.

“Secara doktrin operasi ini dilaksanakan tahunan, artinya adalah dasar atau basic yang harus dibina Armada l dari mulai embarkasi sampai serbuan amfibi. Yang berbeda latihan kali ini dengan tahun sebelumnya adalah ruang dan waktu serta daerah latihan”, tegasnya.

Kepala Staf Komando Armada I (Kas Koarmada 1) Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M. Tr (Han)., CHRMP mewakili Pangkoarmada I memimpin apel gelar pasukan Latihan Operasi Amfibi Tahun 2021 di dermaga JITC II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.foto:linda herawati.

Menurutnya, latihan ini merupakan tugas pokok Koarmada l sebagai Kotama operasional dan pembinaan, dan salah satu kemampuan yang harus dibina adalah latihan amfibi. Yaitu operasi pendaratan dari laut ke darat yang dilakukan oleh pasukan Marinir. Dinamakan serbuan amfibi yang dilakukan oleh 1.200 prajurit, 8 KRI, 5 pesawat, dan 10 ranpur.

Sebelum pelaksanaan latihan, Koarmada l menggelar apel kesiapan latihan di dermaga Tanjung Priok, Jakarta. Mereka juga menjalankan protokol kesehatan dan melakukan test antigen, serta melakukan sterilisasi daerah latihan agar latihan berjalan aman dan lancar. TNI AL selalu mengutamakan zero accident setiap kali menggelar operasi.linda.

Leave a Reply